terasa engap

hello dok saya ini seorang perokok tapi saya sering olahraga, olahraga yang saya tekuni itu sepakbola, jadi saya sering terasa engap ketika 3-4 menit berlari, saya direkomendasikan untuk banyak minum air putih ketika bangun tidur setiap pagi supaya banyakin minum, katanya lebih bagus minum air putih nya sampe mual dan muntah, saya pernah melakukan itu tapi saya tidak muntah, katanya kalo tidak muntah coba untuk memainkan uvula agar mual dan akhirnya muntah, apakah itu benar akan mengurangi rasa engap saya, apakah tidak berbahaya memainkan uvula agar muntah? mohon pencerahannya dok, terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 24/12/2018
Public

Selamat Pagi Sobat,
Baik, melanjut dari pertanyaan Sobat sebelumnya, ada tambahan informasi yaitu Sobat terasa engap setelah berlari 3-4 menit bermain sepak bola. Engap dalam artian disini mungkin dimaksudkan dengan sesak nafas yang pendek bisa dikarenakan oleh pengaruh merokok terhadap saluran paru-paru (penurunan fungsi paru-paru). Perokok juga cenderung lebih sering menderita sesak napas dibandingkan mereka yang bukan perokok karena otot-otot dan jantung yang menuntut lebih banyak oksigen dari paru-paru agar kinerjanya dapat tetap baik. Dampak lain dari merokok pada atlet adalah efeknya pada kesehatan jantung dan peredaran darah. Merokok menyebabkan pembuluh darah mengerut dan memblokirnya dengan plak, sehingga berpotensi meningkatkan tekanan darah. Mengerutnya pembuluh darah jelas akan mengurangi aliran darah ke otot-otot, lalu membatasi jumlah oksigen yang diterima. Hilangnya aliran darah secara signifikan dapat mengurangi daya tahan otot, sedangkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah melalui pembuluh darah tersumbat. Ini sekaligus berhubungan dengan masalah paru-paru tadi. dan dapat juga engap dikarenakan saluran pencernaan (lambung yang sakit atau penuh dengan gas dan dapat juga menjadi penyebab GERD dikarenakan melemahnya otot sphincter esophagus bawah). Kemungkinan engap Sobat diatas dapat dikarenakan oleh kebiasaan Sobat merokok yang berakibat pada kekurangannya oksigen untuk otot diseluruh tubuh (termasuk otot pernafasan, otot jantung, otot pencernaan contoh otot sphincter esophagus). Hilangkan penyebab lebih baik daripada segala obat-obatan. 
Lalu apakah memainkan uvula agar dapat memuntahkan air putih dipagi hari dapat berguna untuk mengatasi engap atau bermanfaat untuk kesehatan, Jawabannya adalah tidak, malah dapat menjadi penyebab penyimpangan prilaku makan, Kemungkinan buruk terkenanya infeksi bakteri atau virus ataupun luka pada uvula dan rongga mulut.
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Semoga Sobat dan keluarga dalam keadaan sehat selalu, Salam Sehat 🙂 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.