terasa engap

hello dok, saya ini seorang perokok tapi disisi lain saya sering olahraga, olahraga yang sering saya tekuni yaitu olahraga, apakah benar jika minum air putih di pagi hari sampe muntah itu bagus? dan kalo misalkan sehabis minum air putih kalo tidak muntah uvula kita dimainin supaya muntah itu bermanfaat atau justru itu malah berbahaya? mohon pencerahannya ya dok. terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 24/12/2018
Public

Selamat Pagi Sobat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Sobat terasa engap setelah memuntahkan makanan atau saat pagi hari setelah bangun tidur?
Baik, dalam medis kesehatan tidak ada unsur baik dalam memuntahkan makanan atau minuman. Minum air putih pada pagi hari setelah bangun tidur disarankan namun tidak untuk dimuntahkan. Terlebih lagi jika dipaksa memutahkan dengan memainkan uvula, karena dikhawatirkan : menjadi prilaku kebiasaan menyimpang yang tidak baik, terjadinya infeksi baik virus ataupun bakteri pada rongga mulut ataupun pada uvula dikarenakan tangan yang tidak steril.
Beberapa tips menjaga kesehatan Tubuh :

  1. Menerapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi secara teratur agar terhindar dari masalah pencernaan, jika Sobat terasa nyeri atau engap kemungkinan dikarenakan asam lambung meningkat. Sobat dapat memakan makanan sebelum saat jam-jam yang biasanya Sobat terserang nyeri perut atau engap diperut.
  2. Minum air putih minimal 8 gelas perhari
  3. Mulai berhenti merokok, merokok bisa menjadi pangkal atau penyebab banyak masalah kesehatan. Kalaupun Sobat berhenti saat ini, efek dari rokok yang sudah Sobat konsumsi pun masih ada. Namun lebih baik jika berhenti dikarenakan kerusakan tubuh tidak menambah. Contoh salah satu akibat merokok pada saluran pencernaan : meningkatkan produksi asam lambung (yang menyebabkan nyeri pada lambung, perasaan kembung atau engap, bila makin lama dapat terjadi tukak lambung) sphincter esophagus bawah melemah (menyebabkan kemungkinan refluks asam lambung kearah atas dapat terjadi keluhan panas pada rongga dada, muntah, terbakar, dan perasaan penuh).
  4. Olahraga yang cukup dan teratur

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga dapat membantu, Semoga Sobat dan keluarga sehat selalu, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.