1 Jawaban Dokter

Staff 24/12/2018
Public

Selamat Siang, Kami mengerti kekhawatiran Sobat,
Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Demam merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut. Demam dapat mengakibatkan perasaan ngilu atau nyeri pada anggota tubuh.
Adapun benjol merah pada kaki dan tangan yang dapat menyebabkan badan terasa panas dan nyeri adalah :

  1. Infeksi Virus : seperti Flu singapura, campak, cacar air, Demam kawasaki.
  2. Infeksi Bakteri 
  3. Parasit, jamur, alergi.

Jika Sobat merasakan demam, dan Sobat sudah berusia diatas 12 tahun, Sobat dapat mengkonsumsi paracetamol 500 mg 1 tablet 3 kali sehari untuk meredakan demam dan nyeri pada tubuh. Selanjutnya Sobat dapat melihat tanda-tanda dehidrasi akibat demam, jika gatal Sobat dapat meminum obat alergi. Jika infeksinya disebabkan oleh virus, Sobat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara istirahat, makan makanan bergizi, untuk sementara waktu tidak pergi atau tidak beraktifitas terlalu berat, meminum suplemen vitamin C atau vitamin lainnya. Dikarenakan virus dapat sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh baik.
Jika dirasa mengkhawatirkan dan bertambah parah. Sobat dapat memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis untuk dilihat penyebab demam Sobat dengan wawancara, pemeriksaan fisik secara langsung dan bila perlu juga dilakukan pemeriksaan laboratorium agar didapatkan penyebab serta diagnosa yang dapat menentukan pengobatan yang tepat pada Sobat. 
Demikian penjelasan dari kami, Semoga bermanfaat dan Semoga Sobat Sehat kembali, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.