benjolan2 hitam gatal

Malam, Dok.

mohon bantuannya atas keluhan saya ini.
Jadi, awalnya saya nggal sadar. Tibatiba saya lihat muncul benjolan-benjolan hitam berukuran sedang di dekat sekitar (maaf) lubang vagina. Benjolannya bukan hanya 1 dan dua, tapi lumayan banyak. Saya nggak ngerti munculnya dari kapan, Dok. Mungkin baru2 ini berjalan 1 bulan. Jujur saya sudah nggak pernah melihat lagi tampakannya karena saya takut dan juga agak jijik.

Dan saya perhatikan, area tersebut selalu gatal. semakin digaruk/disentuh, akan semakin gatal sampai nanti akan perih. setelah itu pasti perih setiap saya bersihkan. perihnha akan hilang tp nanti akan begitu lagi begitu lagi.

mohon bantuannya dok ini kenapa dan saya harus bagaimana.
terimakasih banyakkk.

1 Jawaban Dokter

Staff 24/12/2018
Public

Selamat Siang, Kami mengerti kekhawatiran Anda,
Benjolan di area kemaluan yang gatal, dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  1. Molluscum Contagiosum, bila terdapat di alat kelamin biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual dan termasuk ke dalam Penyakit Menular Seksual(PMS). 
  2. Kutil kelamin.
  3. Infeksi bakteri di lubang tempat tumbuhnya rambut (Folikulitis).
  4. Benjolan berisi nanah akibat infeksi kulit (Abses). Biasanya benjolan yang kecil dapat gatal, kadang disertai nyeri, bengkak berwarna kemerahan dan semakin lama dapat membesar.
  5. Herpes Genitalis, benjolan berupa lepuh berisi cairan yang berkelompok (lebih dari satu benjolan). Keluhan yang dirasakan di sekitar benjolan terasa gatal dan perih. Baca di sini mengenai Herpes Genitalis.
  6. Benjolan yang gatal juga bisa disebabkan parasit seperti kutu rambut kemaluan dan Kudis.
  7. Gigitan Serangga

 
Paling baik berkonsultasi langsung dengan Dokter spesialis kulit kelamin untuk menentukan penyebab benjolan di vagina, sebab diperlukan pemeriksaan medis untuk melihat benjolan yang Anda alami. Dengan menentukan penyebab dan kondisi benjolan dapat ditentukan apakah memerlukan penanganan medis/tidak. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan cermat. Bila dicurigai kondisi yang serius, kadang Dokter akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes kerok kulit ataupun biopsi. Biopsi dilakukan dengan cara benjolan dihilangkan dari kulit kemudian sedikit bagian dari benjolan di potong dan diperiksa di bawah mikroskop oleh Dokter Spesialis Patologi Anatomi untuk melihat bentuk sel yang menyusun benjolan.
Penanganan medis terbaik adalah berdasarkan penyebab yang menimbulkan benjolan. Lebih cepat ditemukan penyebabnya lebih baik terutama bila benjolan bertambah banyak dan gatal.
Sementara itu lakukan hal berikut untuk menjaga kesehatan kulit di area selangkangan : 

  • Mandilah secara teratur 2x sehari dengan menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit. 
  • Jika Anda sudah menikah hindari hubungan seksual jika belum teratasi
  • Ganti pakaian dan celana bila berkeringat.
  • Hindari penggunaan bedak ataupun produk kulit pada area selangkangan.
  • Hindari menggaruk/mengusap kulit terlalu keras karena beresiko luka dan menyebabkan infeksi dan bila penyebabnya adalah virus dapat menyebar kekulit lain.
  • Terapkan Pola Hidup Sehat dengan konsisten. Makan makanan Bergizi Seimbang, minum suplemen vitamin C atau buah-buah an, berolahraga rutin, tidur cukup di malam hari minimal 7 jam dan melakukan manajemen stress dengan baik. Kondisi tubuh yang sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, dan Semoga Sobat segera sehat kembali, Salam Sehat 🙂 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.