1 Jawaban Dokter

Staff 23/12/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

Apakah maksud Sobat menghaluskan kulit akibat panu berupa sisiknya? Atau menghaluskan agar warnanya sama rata kembali?

Baik saya jelaskan terlebih dahulu, Panu (pitiriasis versikolor atau tinea versikolor) adalah infeksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bercak putih hingga cokelat yang bersisik halus. Penyakit ini sering ditemukan pada daerah tropis dan subtropis yang bersuhu hangat dan lembap.

Gejala yang ditimbulkan dari panu antara lain:

Bercak yang berwarna lebih muda dari warna kulit sekitarnya pada orang dengan kulit berwarna, atau tampak sebagai bercak lebih gelap pada orang dengan kulit pucat. Bentuknya bulat atau tidak beraturan, dapat berbatas tegas atau tidak tegas. Jika diraba, terasa ada sisik halus dan tipis. Bercak panu sering ditemukan pada kepala, muka, leher, bagian atas dada, ketiak, lengan, perut, lipat paha, dan kaki. Biasanya muncul pada daerah yang tertutup pakaian dan bersifat lembap.

Di samping itu, panu juga bisa menyebabkan gatal- gatal ringan, terutama saat berkeringat.

Panu termasuk penyakit yang mudah kambuh. Oleh karena itu, pengobatan harus dilakukan secara menyeluruh, tekun, dan konsisten. Pengobatan panu tersedia dalam bentuk obat oles berupa krim, salep, lotion, dan sampo. Anda dapat membeli obat oles yang dijual bebas di apotek atau swalayan. Sebelum menggunakan obat, cuci dan keringkan dahulu daerah panu. Oleskan obat secara tipis sebanyak 1- 2 kali sehari, selama 2 minggu.

Bila pengobatan topikal tidak berhasil, obat minum bisa diberikan. Umumnya obat minum perlu dikonsumsi setiap hari selama minimal 5- 10 hari, bergantung pada jenis obat.

Dan dikarenakan bercak putih pada kulit mempunyai kesamaan keluhan dengan penyakit lain, seperti :
– Vitiligo
Gangguan pigmen pada kulit sehingga menimbulkan kurangnya melanin yang membuat area kulit menjadi timbul bercak putih.
– Pititiriasis alba 
Biasa terjadi pada anak atau remaja, biasa keluhan disertai akibat berjemur matahari dan berenang. Sekilas menyerupai panu, tetapi umumnya tidak gatal, tidak bersisik (mengelupas kulit), tidak kemerahan, juga tidak perih. Bercak ini sering ditemukan di area kulit yang sering terpapar sinar matahari, misalnya di pipi. Kondisi ini sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus karena akan menyembuh sendiri dalam beberapa bulan. 
– Infeksi kulit
Infeksi kulit seperti lepra ataupun penyakit lainnya 

Untuk hal tersebut pastikan diagnosa penyebab kondisi Sobat sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi penyebab Sobat.

Nah jika memang benar panu dan Sobat ingin meratakan permukaan kulit atau sisik pada panu akan hilang dengan sendirinya berjalan waktu jika pengobatan terhadap panu berhasil, Jika Sobat masih merasakan sisik atau tidak rata pada permukaan Sobat dapat menemui dokter spesialis kulit kelamin untuk dilakukan pemeriksaan apakah benar panu Sobat sudah teratasi.

Dikarenakan Panu gampang sekali kambuh, terdapat beberapa tips :
1. Menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat
2. Hindari berbagi barang pribadi dengan orang lain (seperti handuk, celana dalam, dan baju).
3. Meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi buah-buahan atau konsumsi suplemen vitamin C contoh ester C 1 tablet perhari

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga masalah Sobat dapat teratasi dan diberikan kesehatan selalu, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.