jari² tangan kanan bengkok

gini dok, jari kelingking sama jari manis saya tiba² bengkok dan udah skitar sebulan masih tetap belum mau kembali lurus, itu kenapa ya dok? dan cara menanganinya bagaimana dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 23/12/2018
Public

Halo sobat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂

Sebelum terjadi keluhan Sobat jari bengkok apakah ada keluhan seperti trauma atau cedera pada bagian tersebut? Apakah ada nyeri, bengkak, atau benjolan pada bagian yang bengkok? Apakah Sobat merasa ada keluhan lain seperti tidak bisa digerakan atau terasa lemah jari tersebut, apakah ada demam?

Baik untuk penyebab jari tiba-tiba terasa bengkok dapat merupakan beberapa kemungkinan penyakit :
1. Trauma atau cedera pada jari Sobat.

2. Rheumatoid artritis, Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian (misalnya sendi kaki dan tangan).
Seiring waktu, peradangan ini bisa menghancurkan jaringan persendian dan bentuk tulang. Efek dari kondisi ini akan membatasi aktivitas keseharian, seperti sulit untuk berjalan dan menggunakan tangan.

3. Gout, Penyakit gout adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis (peradangan sendi) yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia).

4. Benjolan-benjolan lain baik pada tulang maupun otot pada jari tersebut.

Untuk memastikan apakah penyebab dan diagnosa serta tindakan perawatan selanjutnya, tentunya dengan pemeriksaan langsung, Sobat dapat berkonsultasi secara langsung ke klinik atau rumah sakit dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam terkait dengan benjolan pada jari Sobat apakah ada kemungkinan penyakit yang mendasari nya ataukah hal lain. Dengan wawancara, pemeriksaan fisik secara langsung dan mungkin pemeriksaan laboratorium dan rontgen jika diperlukan dapat memastikan kondisi penyakit Sobat. Serta Sobat dapat mendapatkan perawatan yang sesuai dengan penyakit Sobat.

Demikian penjelasan dari kami, Semoga bermanfaat dan Semoga Sobat serta Keluarga selalu dalam keadaan Sehat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.