kulit wajah

dok kulit wajah saya yang bagian pipi kanan dan kirikan terdapat bercak putih, cara menghilangkannya gimana ya dok?
aku udh coba pakai salep pikang suang pipi aku pas disentuh terasa perih dan warna putihnya jdi terlihat jelas.
cara menghilangkannya gimana ya dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 22/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanya jawab tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Bercak putih pada wajah menyebabkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Bercak putih pada kulit disebut dengan hipopigmentasi yang merupakan perubahan warna pada kulit menjadi lebih terang/putih akibat kekurangan pigmen melanin. Berikut merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan hipopigmentasi:

  1. Tinea versicolor (Panu), merupakan infeksi jamur yang ditandai dengan kulit bercak putih kemerahan disertai adanya sisik dan rasa gatal.
  2. Vitiligo, merupakan kondisi autoimun yang memicu terjadinya kelainan kulit berupa hilangnya pigmentasi kulit, dan dapat timbul di berbagai area tubuh, termasuk wajah.
  3. Pitiriasis alba, biasanya memengaruhi anak usia 3-16 tahun dan sampai kini belum diketahui secara jelas apa penyebab pastinya, namun kemungkinan berkaitan dengan eksim atopik, paparan sinar matahari, atau infeksi jamur.
  4. Akibat luka bakar, lecet atau iritasi yang menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit, sehingga dalam proses penyembuhannya akan tampak sebagai bercak putih.

Mengetahui penyebab bercak putih di wajah dapat membantu menentukan cara pengobatan yang tepat. Sebaiknya hindari pengobatan alami tanpa anjuran dari dokter. Sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.