1 Jawaban Dokter

Staff 21/12/2018
Public

Halo Sobat
Jika luka masih dalam proses penyemuhan, maka hal yang Sobat bisa lakukan adalah dengan menjaga kebersihan luka sebagai berikut:

  • Jaga agar luka tetap kering
  • Bersihkan luka dengan cairan NaCl atau povidone iodine
  • Oleskan salep antibiotik ataupun salep luka bakar sesuai dengan kondisi luka
  • Cuci tangan sebelum dan setelah membersihkan luka
  • Jangan mengelopek luka yang mulai kering, biarkan keropeng terlepas dengan sendirinya

Selama tidak ada tanda infeksi seperti nanah, bengkak, kemerahan, dan nyeri. Jika muncul tanda infeksi, maka sebaiknya Sobat periksakan ke dokter.
Nah setelah keropeng terlepas, biasanya bekas luka menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) atau justru lebih terang (hipopigmentasi). Umumnya bekas luka ini akan memudar seiring berjalannya waktu. Untuk membantu pemudaran bekas luka bisa dioleskan cream pencerah, cream penghilang bekas luka dipasaran seperti : dermatix, cream vitamin E, dan pelembap.
Sedangkan jika ingin lebih efektif, Sobat bisa berkonsulasi dengan dokter spesialis kulit agar bisa dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan lanjutan misalnya dengan mikrodermabrasi, chemical peeling, dan laser yang biasanya kemajuan dengan tindakan tersebut digabung dengan cream perawatan hasilnya akan lebih cepat.
Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat, Dan Semoga bekas luka segera hilang ya Sobat dan Sobat serta keluarga selalu dalam keadaan Sehat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Salam Sehat 🙂 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.