telinga kiri berdengung

Dok, kenapa telinga kiri saya sering berdengung terus padahal tidak kemasukkan air dan telinga kanan saya normal? Apakah kotoran di telinga sudah terlalu banyak?

1 Jawaban Dokter

Staff 20/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimaksih telah menggunakan layanan tanya jawab tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Telinga berdenging atau yang dalam bahasa medis disebut dengan tinnitus merupakan bunyi berdenging pada telinga. Ini bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Tinnitus dapat terjadi akibat berbagai hal berikut:

  1. Adanya gangguan pada liang telinga (penumpukkan kotoran telinga, kemasukkan air, infeksi pada liang telinga)
  2. Gangguan pada telinga tengah (penumpukkan cairan di telinga tengah akibat infeksi)
  3. Kerusakan pada telinga bagian dalam. Ini merupakan penyebab dari sebagian besar tinnitus. Pada kondisi normal, suara yang masuk ke telinga akan dikirim ke otak oleh saraf-saraf pendengaran setelah sebelumnya melalui suatu rongga berbentuk spiral yang disebut koklea. Jika terjadi kerusakan pada koklea, proses penghantaran gelombang suara akan terputus dan otak akan terus mencari sinyal dari koklea yang tersisa sehingga menyebabkan bunyi tinnitus.
  4. Penyakit meniere.
  5. Pajanan suara atau bunyi yang nyaring, contohnya mendengar musik yang terlalu nyaring melalui earphone, pekerja pabrik yang menangani mesin-mesin berat, atau mendengar bunyi ledakan.
  6. Efek samping obat tertentu seperti antibiotik.
  7. Gangguan pada membran timpani (gendang telinga).

Mengingat banyaknya penyebab dari tinnitus, sebaiknya sobat konsultasikan ke dokter THT agar dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab keluhan yang sobat alami, dan bisa diberikan terapi yang tepat.
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.