1 Jawaban Dokter

Staff 19/12/2018
Public

Hai Sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂 
 
Nyeri pada dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh beragam kondisi, diantaranya :

  • Gangguan jantung. Nyeri dada akibat kondisi ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri di dada sebelah kiri, nyeri  dapat terasa menjalar hingga ke bahu kiri, punggung kiri, leher, lengan kiri, atau ulu hati. Nyeri yang dirasakan pun dapat bervariasi, dapat terasa seperti tertindih beban berat, rasa terbakar, atau ditusuk – tusuk benda tajam. Nyeri biasanya muncul saat beraktivitas, memberat seiring intensitas aktivitas fisik yang dilakukan, dan berkurang saat istirahat. Pada keadaan lanjut, nyeri bisa menetap meskipun istirahat. Selain nyeri dada kiri, gejala gangguan jantung  juga bisa disertai sesak nafas,keringat dingin, lemas, mual dan muntah. Seseorang akan memiliki risiko lebih besar menderita gangguan jantung apabila seseorang berjenis kelamin laki – laki, terdapat riwayat penyakit jantung dalam keluarga, menderita hipertensi, kolesterol tinggi, kencing manis, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang aktivitas fisik, sering konsumsi alkohol, atau memiliki tinggat stress yang tinggi.
  • Radang, retak atau patah tulang rawan atau tulang iga. Pada kondisi ini, biasanya nyeri dada muncul saat kondisi tertentu, misalnya batuk, menarik napas, satau saat dilakukan penekanan pada bagian dinding dada tertentu.
  • Cedera Otot atau terjadi peregangan pada otot dada, atau otot sekitar dada bisa dikarenakan membawa beban berat seperti tas, atau latihan beban saat olahraga, kesalahan posisi duduk atau posisi tidur.
  • Gangguan  syaraf misalnya adanya penekanan pada syaraf atau syaraf yang terjepit.
  • Gangguan paru , misalnya infeksi, radang, atau bocornya udara
  • GERD ( Gastro Esofageal Refluks ), yaitu kembalinya isi lambung ke kerongkongan yang menimbulkan rasa terbakar di dada dan rasa asam di mulut, dipicu oleh kegemukan, makan yang asam dan berlemak, merokok
  • Ulkus peptikum yaitu luka di saluran cerna, nyeri dada akan membaik dengan obat penetral asam lambung seperti antacid. Hal ini dipicu oleh alkohol, merokok, obat antinyeri

Karena adanya beberapa penyebab nyeri pada dada, mulai dari yang ringan hingga yang dapat membahayakan,  Sobat sebaiknya memeriksakan diri ke dokter  untuk mengetahui penyebab kondisi Sobat sehingga dapat diberikan terapi yang sesuai. Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan dan keluhan, melakukan pemeriksaan fisik, dan mungkin akan menganjurkan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, foto rontgen dada,  USG, atau rekam jantung jika diperlukan.
Selain itu, Sobat juga dianjurkan untuk :

  • Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol
  • Diet gizi seimbang dan menjaga berat badan ideal
  • Cukup istirahat
  • Hindari kelelahan fisik berlebih

Demikian penjelasan dari kami, Semoga bermanfaat Dan Semoga Sobat selalu dalam keadaan Sehat, Salam Sehat  🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.