Apa hubungannya glaukoma, vertigo dan sinus

selamat siang, saya pernah menginap sinus. ibu saya penderita glaukoma. dan saat ini dokter menyuruh saya meminum obat untuk vertigo. apakah ada hubungannya glaukoma, vertigo dan sinus karena sekarang saya sedang mengalami seperti kehilangan keseimbangan badan.

1 Jawaban Dokter

Staff 18/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus. Sinusitis dapat menimbulkan sakit kepala yang sifatnya nyeri dan bukan pusing berputar seperti vertigo. Sakit kepala biasanya dirasakan di antara kedua mata (di pangkal hidung) atau di dahi, sebab di situlah rongga-rongga sinus berada.
Vertigo adalah perasaan seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo dapat disebabkan hal-hal berikut:

  • Kelainan pada telinga
  • Kelainan pada sistem saraf
  • Obat-obatan seperti alkohol
  • Keadaan lingkungan, seperti mabuk kendaraan (motion sickness)

Glaukoma sendiri merupakan penyakit mata yang ditandai oleh kerusakan saraf mata yang dikaitkan dengan peningkatan  tekanan bola mata dan gangguan lapang penglihatan. Kerusakan ini bersifat permanen, dan dapat berakhir pada kebutaan.
Glaukoma dan sinusitis dapat menyebabkan rasa nyeri pada kepala, sedangkan vertigo merupakan sensasi lingkungan seperti berputar dan tidak berhubungan dengan glaukoma maupun sinusitis. Masing-masing penyakit tersebut perlu ditangani dengan jenis obat yang berbeda. Sebaiknya sobat konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung dan didapatkan terapi yang tepat.
Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.