2 answer

Staff 17/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti kekahwatiran yang sobat rasakan. Anak sobat sudah 3 hari tidak buang air besar (BAB), hal tersebut dikatakan sebagai keadaan sembelit. Tanda-tanda bayi susah BAB di antaranya adalah BAB kurang dari dua kali dalam seminggu, bentuk kotoran lebih keras dari biasa walaupun frekuensinya tidak berubah, atau bayi terlihat kesakitan saat BAB. Namun pada bayi usia 0-5 bulan dan mengonsumsi ASI, BAB seminggu sekali masih dianggap normal.
Sulit BAB pada anak dapat disebabkan keadaan berikut:

  • Kurang konsumsi serat
  • Kurang cairan dalam tubuh
  • Kurang aktivitas fisik
  • Susu formula
  • Kondisi medis tertentu: hipotiroid, gangguan saluran pencernaan sejak lahir

Untuk mengatasi sembelit, sobat dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Membuat anak lebih aktif, sehingga feses dapat terdorong oleh usus. Lakukanlah gerakan merangkak, atau kalau belum bisa merangkak dapat sobat lakukan menggerakkan kaki anak seperti mengayuh sepeda.
  2. Memijat perut. Pijatlah bagian bawah pusar bayi, yaitu sekitar tiga jari dari pusar , dengan lembut. Pastikan anak rileks dan tidak kesakitan saat melakukannya. Lakukan pijatan dengan  lembut dengan arah pijatan melingkar dari tengah ke luar.
  3. Ganti susu formula
  4. Berikan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan
  5. Cukupi kebutuhan cairan anak

Jika keluhan sembelit makin memberat, sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter spesialis anak agar dapat diberikan terapi dengan tepat. 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan salam sehat:)

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.