1 Jawaban Dokter

Staff 17/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Sistem saraf bertugas mengantarkan pesan dari seluruh bagian tubuh ke otak dan sebaliknya. Sistem saraf manusia dibagi menjadi dua, yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Saraf pusat manusia terdiri atas otak dan saraf tulang belakang. Saraf tepi terdiri dari serabut saraf yang bertugas menghubungkan antara berbagai organ tubuh manusia dengan sistem saraf pusat. 
Jenis sistem saraf pada tubuh dibagi menjadi tiga kelompok besar:

  1. Sistem saraf motorik: mengontrol gerakan dengan mengirimkan informasi dari otak dan tulang belakang menuju ke otot.
  2. Sistem saraf sensorik:  mengirimkan informasi dari kulit dan otot kembali ke tulang belakang dan otak. Informasi ini diproses agar manusia merasakan sakit atau sensasi lainnya.
  3. Sistem saraf otonom: mengontrol gerakan tubuh yang tidak disadari atau gerakan tubuh setengah disadari seperti detak jantung, tekanan darah, pencernaan, dan pengaturan suhu tubuh. Sistem saraf otonom ini terbagi menjadi dua, yaitu sistem saraf simpatis dan parasimpatis, dimana kerja  kedua saraf tersebut saling berkebalikan. Saraf simpatik umumnya memacu atau mempercepat kerja organ-organ tubuh, sedangkan saraf parasimpatik umumnya memperlambat kerja organ tubuh. 

Berdasarkan keterangan diatas, gangguan pada saraf simpatis memiliki gejala yang bervariasi, seperti gangguan regulasi frekuensi denyut jantung, tekanan darah, suhu tubuh, berkeringat, dan fungsi saluran pencernaan serta kandung kemih. 
Demikian informasi dari kami, semoga bermafaat dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.