vagina kering

saat hb saya dan suami sudah mencoba foreplay. tapi sampai 30 menit saya tidak bisa basah. pernah dipaksakan pakai pelumas malah masih sakit dan seperti vaginismus. bagaimana solusinya. sepertinya saya kehilangan hasrat atau frigid.

1 Jawaban Dokter

Staff 17/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti kekhawatiran yang sobat rasakan.
Vagina kering merupakan masalah yang sering dikeluhkan oleh sebagian wanita. Hal ini karena vagina kering dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berhubungan seksual. Pada kondisi normal, vagina akan terasa lembap karena memiliki pelumas alami yang diproduksi oleh serviks atau leher rahim. Produksi cairan vagina ini umumnya akan meningkat saat mendapatkan rangsangan seksual, sehingga vagina tidak terasa nyeri saat berhubungan seksual. Pelumas tersebut dipengaruhi oleh hormon estrogen. Estrogen juga berfungsi menjaga lapisan vagina tetap elastis, tebal, dan sehat. Pada saat menopause produksi hormon estrogen mulai berkurang, dan secara bertahap berhenti, sehingga dapat menyebabkan dinding vagina menjadi lebih tipis dan kurang elastis. Produksi pelumas alami juga ikut menurun, sehingga menyebabkan vagina kering.\
Selain itu, kondisi berikut juga dapat menyebabkan vagina menjadi kering:

  • Kurang melakukan pemanasan atau foreplay sebelum melakukan hubungan intim.
  • Adanya gangguan psikologis seperti stres, cemas, depresi
  • Menggunakan produk pembersih kewanitaan tertentu, seperti sabun dengan formulasi yang keras, ataupun spray dan vaginal douche.
  • Vagina terkena detergen, memakai celana dalam atau handuk yang dicuci dengan deterjen yang mengandung bahan kimia penyebab alergi.
  • Vagina terpapar bahan kimia, seperti bahan kimia yang ada di pemandian air panas atau kolam renang.
  • Baru melahirkan atau sedang menyusui.
  • Pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur atau ovarium.
  • Menjalani perawatan untuk kanker (kemoterapi atau radioterapi)

Vaginismus sendiri merupakan keadaan difungsi seksual pada wanita, dimana otot vagina tidak bisa menerima penetrasi dari penis. Penyebab terbanyak dari vaginismus merupakan keadaan gangguan psikologis atau bisa juga disebabkan adanya cedera pada vagina sebelumnya. Makadari itu untuk penanganannya sebaiknya dikonsultasikan ke psikiater atau dokter spesialis kandungan agar dapat diberikan terapi yang lebih tepat. Jangan ragu untuk berbicara pada ahlinya karena disfungsi seksual bisa merusak keharmonisan dengan pasangan sobat.
Semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.