susu soya untuk anak alergi

anak saya perempuan 9 bln berat 6.6kg dlu lahir prematur.sblmnya anak saya pernah merah2 d muka dan tangan, mnrt dsa wktu itu dia alergi susu sapi. trus pake susu untuk alergi.bbrp wktu kmrn konsul kembali dg dsa yg berbeda krn bb anak saya naiknya agak seret, akhirnya d suggest utk ganti susu infantrini dr nutricia, sempet naik 100 gram dlm 8 hari. tp masalahnya skg dia timbul merah2 lg. kl susu soya kira2 utk naikin bb bisa signifikan sprti susu sapi ga ya dok.. FYI sblmnya pake susu alergi pregestemil dan so far ga ada masalah sih. cmn kyknya kok kl abis mnm susu ini msi lapar. beda dg pd saat pake susu infantrini.

1 Jawaban Dokter

jadi bu, anak ibu sepertinya memang alergi susu sapi. in*antrini memang kalorinya lebih tinggi bu jadi cocok untuk menaikkan BB. masalahnya dia tidak hipoalergenik. sedangkan pregest*mil hipoalergenik tp kalorinya sama dengan susu standar. soya bisa dipakai untuk anak alergi susu sapi, tp kalorinya sama seperti pregestimil. dan 20% anak yg alergi susu sapi bisa alergi soya juga.

saran saya bila anak ibu masih alergi susu sapi, tetap gunakan preg*stimil bisa dibantu dengan VCO atau olieve oil dicampurkan si susunya 5ml/kali minum. bila rencana mau coba soya boleh, bila ternyata alergi juga kembalikan ke susunya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.