1 Jawaban Dokter

Staff 14/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layananan tanya jawab tanyadok.
Sebagai informasi, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.
Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah – 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya seperti vitamin untuk kekuatan tulang yaitu vitamin D, kalsium, dan phospor. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik). Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun.
Terkait dengan suplemen peninggi badan, bergantung pada isi dari suplemen tersebut. Apabila isinya hanya kalsium maka cenderung aman asalkan sesuai dosis yang dibutuhkan tubuh. Namun apabila disertai dengan komposisi tambahan lain (termasuk komposisi herbal), mungkin saja ada efek samping yang bisa ditimbulkan. Sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter ortopedi mengenai penambahan tinggi badan pada usia sobat dan perlunya mengkonsumsi suplemen peninggi badan agar didapatkan penanganan yang lebih tepat. 
Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.