nyeri

saya sering masturbasi langsung 3 kali setiap 3 atau 4 hari, saya sudah melakukan kebiasaan ini selama sekitar 1 sampai 2 tahun, setelah saya berusaha untuk berhenti, sekitar seminggu buah zakar saya terasa nyeri dan terasa membesar, tetapi saat nyerinya hilang dan saya cek ukurannya sama seperti biasa, malamnya atau besok saya mencoba untuk masturbasi lagi untuk melihat jika ada yang berbeda, dan hasilnya, sperma yang saya keluarkan lebih banyak dari biasanya walaupun aromanya tidak sekuat sebelumnya. setelah itu gejala saya hilang dan muncul lagi setelah sekitar seminggu lagi dengan gejala yang sama. tapi kali ini saya tahan dan akhirnya nyerinya hilang setelah 2 atau 3 hari, dan ukuran buah zakar saya menjadi normal lagi, walaupun kadang-kadang ada rasa sedikit membesar dan ada ganjalan di bola sebelah kiri. setelah itu saat saya buang air kecil, rasanya seperti tidak keluar semuanya dan keluar setelah ada rasa tertekan dibagian tengah antara buah zakar dan anus, setelah sekitar 2 hari gejala itu hilang dan sekarang kantong kemih saya terasa nyeri saat membungkuk ataupun saat menahan buang air kecil. apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan gejala tersebut? mohon bantuannya.

2 answer

Staff 13/12/2018
Public

Selamat Malam Sobat, Kami mengerti kekhawatiran Sobat,
Keluhan nyeri dan pembesaran pada buah zakar baik sebelah kanan atau kiri merupakan beberapa keluhan yang mungkin dapat memperlihat kan berbagai keadaan seperti :
1. Varikokel
Varikokel adalah pembengkakan pada pembuluh vena di dalam kantong zakar atau skrotum. Penyakit ini mirip dengan pembengkakan pada penyakit varises di kaki, namun bedanya, penyakit varikokel menyebabkan pembengkakan pembuluh vena di dalam kantong zakar atau skrotum.
Pembengkakan ini akan berkembang secara bertahap menjadi sebuah benjolan lunak diatas buah zakar dan sering kali pada sisi kiri skrotum. Ukuran benjolan varikokel bermacam-macam, ada yang bisa dilihat secara kasat mata dan ada juga yang baru bisa diketahui setelah diraba.
Varikokel umumnya tidak menimbulkan gejala. Meski begitu, beberapa penderita ada yang merasakan ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit pada bagian kantong zakarnya. Gejala sakit ini biasanya meningkat saat penderita berdiri atau melakukan aktivitas fisik terlalu lama, dan mereda saat penderita berbaring. Selain rasa sakit, pembesaran pembuluh vena juga bisa meningkat seiring waktu.
Pembengkakan ini kebanyakan terjadi pada sisi kiri kantong zakar dan jarang terjadi pada sisi kanan kantong tersebut. Hal ini dikarenakan rute pembuluh vena di sisi kiri berbeda dengan pembuluh vena di sisi kanan.
2. Spermatocele
Spermatocele adalah benjolan kistik yang berasal dari epididimis dan berisi sperma. Biasanya pasien mengeluhkan adanya benjolan kecil yang tidak nyeri.
3. Torsio Testis
Torsio testis adalah keadaan dimana funikulus spermatikus terpuntir sehingga terjadi gangguan vaskularisasi dari testis yang dapat berakibat terjadinya gangguan aliran darah daripada testis.
Keluhan timbul mendadak, nyeri hebat dan pembengkakan pada skrotum. Sakit perut hebat kadang disertai mual dan muntah, nyeri dapat dirasakan menjalar ke daerah inguinal atau selangkangan.
4. Hematocele
Hematocele adalah penumpukan darah di dalam lapisan buah zakar, biasanya didahului oleh trauma
5. Hidrokel
Hidrokel adalah kantung yang berisi cairan yang mengelilingi testis (buah zakar) yang menyebabkan pembengkakan skrotum. Skrotum merupakan kulit yang melapisi testis.
Hidrokel umum dijumpai pada anak-anak, Namun Orang dewasa juga dapat terkena hidrokel yang disebabkan oleh peradangan seperti infeksi menular seksual atau luka pada skrotum. Pada kasus seperti ini, membutuhkan pengobatan medis. Beberapa kasus hidrokel pada dewasa dapat hilang sendirinya dalam waktu 6 bulan.
Sebagian besar kasus hidrokel tidak menimbulkan gejala klinis. Gejala yang terlihat hanya pembengkakan skrotum (buah zakar) biasa hanya salah satu sisi. Hidrokel yang terjadi pada orang dewasa umumnya juga tidak menimbulkan gejala nyeri, hanya rasa tidak nyaman akibat pembesaran buah zakar. Pada beberapa kasus, pembengkakan skrotum (buah zakar) mengecil di pagi hari dan membesar di siang atau malam hari.
6. Hernia inguinalis
Hernia inguinalis memiliki keluhan berupa benjolan di daerah inguinal (selangkangan) /skrotal (buah zakar) yang hilang timbul. Timbul saat mengedan, batuk, atau menangis, dan hilang bila pasien tidur.
Diatas adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri dan pembesaran buah zakar, Namun untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan fisik dan wawancara lengkap terkait dengan keluhan Sobat.
Sobat dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis urologi untuk mendiagnosa keluhan Sobat. Dengan adanya wawancara lengkap, pemeriksaan fisik terhadap keluhan Sobat dan mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan seperti usg bila memang perlu dapat memberikan diagnosa yang tepat serta penanganan yang sesuai dengan keluhan Sobat.
Demikian Semoga bermanfaat, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Semoga Sobat segera pulih seperti sedia kala dan selalu diberikan Kesehatan, Salam Sehat 🙂

#1
Staff 13/12/2018
Public

Hai Sobat
Lanjutan terkait dengan gejala saat ini kandung kemih Sobat seperti nyeri saat membungkuk atau menahan air kencing dapat merupakan salah satu gejala Infeksi Saluran Kemih atau ISK. ISK yang ringan masih dapat diobati dengan minum air putih yang banyak, serta tidak menahan buang air kecil (BAK). Biasanya jika ISK ringan dengan minum air putih yang banyak serta tidak menahan BAK akan mengalami perbaikan 3-5 hari. Namun jika ISK yang dapat memiliki gejala seperti demam atau tidak menghilang hanya dengan pembilasan air putih yang banyak serta tidak menahan BAK selama 3-5 hari Sobat dapat mengunjungi dokter umum untuk dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik, agar mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat.
Biasanya dalam kasus ISK yang membutuhkan obat akan diberikan obat antibiotika khusus daerah saluran kemih, serta obat-obat lain terkait gejala misalnya jika ada demam akan diberikan paracetamol, dan sebagainya.
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab tanya Dok, Semoga Sobat lekas pulih kembali ya dan diberikan kesehatan. Salam Sehat 🙂

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.