1 Jawaban Dokter

Staff 12/12/2018
Public

Selamat siang sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanya jawab tanyadok.
Hipospadia merupakan kelainan bawaan yang dialami sejak lahir. Kelainan tersebut berupa lubang saluran kemih (Uretra) yang harusnya berada tepat di ujung penis, pada hipospadia lubang uretra berada di bawah penis. Mengenai penyebabnya, sama seperti kelainan bawaan pada umumnya, penyebab perkembangan abnormal pada penis ini belum diketahui secara pasti.
Pembentukan penis selama bayi berada dalam rahim ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah hormon seks laki-laki, yakni testosteron. Hipospadia diduga disebabkan oleh terhambatnya kerja hormon testosteron tersebut, sehinga pertumbuhan penis menjadi terganggu.
Terdapat beberapa faktor yang diduga dapat memicu hipospadia

  • Riwayat keluarga, kondisi ini terkadang dapat terjadi pada bayi yang memiliki anggota keluarga dengan kondisi yang sama.
  • Genetik. Variasi gen tertentu mungkin memainkan peran dalam gangguan hormon yang merangsang pembentukan alat kelamin laki-laki.
  • Usia ibu yang di atas 35  tahun saat hamil dan pajanan rokok atau senyawa kimiawi selama kehamilan, terutama pestisida.

Hipospadia umumnya dapat didiagnosis segera setelah bayi dilahirkan. Diagnosis ini bisa dilakukan melalui pemeriksaan fisik pada penis dan tidak membutuhkan tes-tes lain. Meski positif didiagnosis hipospadia, bayi atau anak Anda belum tentu membutuhkan penanganan medis. Hal ini tergantung pada tingkat keparahan hipospadia yang dialami.  Jika lubang uretra berada jauh dari lokasi yang seharusnya, operasi pemindahan uretra perlu dilakukan. Dokter anak akan mengkonsultasikan penderita hipospadia kepada dokter spesialis urologi untuk penanganan yang tepat. 
Semoga membantu dan salam sehat:)

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.