1 Jawaban Dokter

Staff 12/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti kekhawatiran yang sobat rasakan. Saat kita merasa takut, atas apapun alasannya, tubuh akan secara otomatis melepaskan hormon stres adrenalin dalam jumlah yang cukup banyak. Ini adalah reaksi biokimia, yang kemudian menyebabkan beberapa reaksi fisik seperti berkeringat deras dan jantung berdebar kencang. Reaksi biokimia tubuh tersebut terjadi di segala situasi yang memicu rasa takut, baik dari hal yang nyata (misal, menghadapi operasi besar) atau yang hanya dipicu oleh kondisi emosional (misal, berbicara depan publik). Pada akhirnya, rasa takut ini akan memicu respon emosional, seperti rasa cemas dan/atau penghindaran. Kecemasan merupakan reaksi normal terhadap stres, seperti ketika seseorang merasakan cemas dalam hidupnya saat mengambil sebuah keputusan penting. Namun demikian, Anda perlu waspada terhadap dampak buruk dari gangguan mental berupa kecemasan berlebihan yang melibatkan rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan dan mengganggu.
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketakutan berlebihan dan kecemasan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Cari waktu untuk menenangkan diri
  2. Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi kafein (kopi, teh, minuman berkarbonasi)
  3. Olahraga teratur
  4. Cukup tidur
  5. Berpikir positif
  6. Hindari untuk menjadi sempurna, karena setiap orang sudah Tuhan ciptakan sempurna dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing
  7. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater (dokter ahli kejiwaan)

Terkaitan ketakutan  sobat akan berat badan naik, penting  untuk diketahui apakah berat badan sobat sudah ideal? Jika sudah ideal tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kemudian perlu diketahui mengenai kiat-kiat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dengan mengatur asupan kalori dalam sehari.
Untuk menghitung jumlah kalori harian dan kalori yang dihasilkan dari berbagai jenis makanan bisa sobat liat pada artikel https://www.tanyadok.com/adv/pintar-atur-kalori. 
Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.