Masa ovulasi

Dok bagaimana cara menghitung ovulasi jika mestruasi saya tidak teratur. Kadang jaraknya 33, 30 bahkan sampai 40 hari. Apakah ini normal dan bagaimana cara mengatasinya. Serta tips waktu dan cara hubungan badan untuk program hamil. Serta bolehkan perempuan olahraga berat keesokan harinya setelah berhubungan badan. Jika tidak boleh, olah raga apakah yang baik setelah berhubungan?

2 answer

Staff 11/12/2018
Public

Selamat siang sobat,
Banyak metode yang dapat digunakan utuk mengetahui masa subur/ovulasi pada wanita. Yang mudah digunakan adalah Metode Kalender dengan mengetahui masa subur/ovulasi terjadi diantara hari ke 12-16 setelah hari pertama menstruasi, namun jika siklus menstruasi sobat tidak teratur memang agak sulit untuk menggunakan metode tersebut. Periode menstruasi normal seorang wanita normalnya adalah 28-35 hari. Jika < 28 hari atau > 35 hari merupakan periode menstruasi yang tidak normal, bisa disebabkan ketidakseimbangan hormon yang sebaiknya tidak disepelekan karena bisa berpengaruh besar bagi kesehatan atau kesuburan wanita. 
Selain metode kalender terdapat cara lain mengetahui bahwa sobat sedang dalam masa subur/ovulasi,yaitu:

  • Mengukur suhu basal tubuh, karena suhu seorang wanita meningkat 0,5 – 1,5 derajat selama ovulasi (suhu normal 36,5-37,5 derajat celsius). Suhu tubuh basal dicatat setiap hari dalam sebulan dalam jangka waktu tertentu untuk menentukan kapan periode paling subur pada wanita.
  • Melihat lendir dari vagina. Pada masa subur, lendir berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah. Cairan inilah yang akan memperlancar dan melindungi jalannya sperma menuju rahim untuk bertemu sel telur.
  • Alat prediksi ovulasi urin atau air liur. Kit ini menganalisis urine dan air liur, kemudian memberi petunjuk tentang masa subur wanita tersebut. Sebagian orang mengandalkan tes urine, sedangkan beberapa lebih memilih tes air liur.
  • Tanda fisik berupa nyeri di perut bagian bawah selama ovulasi yang dapat berlangsung hanya beberapa detik hingga beberapa jam. Beberapa wanita memiliki bercak selama ovulasi, sehingga lebih mudah untuk mengetahui kapan masa subur wanita.
  • Sebagian wanita merasakan lebih bergairah, lebih bersemangat, dan lebih mudah bersosialisasi saat mengalami masa subur.

Untuk lebih pasti mengenai masa subur/ovulasi, sobat dapat langsung mengkonsultasikannya ke dokter spesialis kandungan bersama dengan pasangan sobat, sehingga proses konsultasi menjadi lebih nyaman dan program kehamilan terasa lebih ringan jika dilakukan berdua. 
Semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.