apa terjadi infeksi di mr P

Erik
Pagesangan 3A no,1
Saya erik 29th, saya ada keluhan,kulit kepala penis saya terasa agak nyeri ketika disentuh atau tersentuh benda yang agak kasar,hal ini terjadi semenjak saya dikhitan pada saat kelas 5 Sd dulu,saya pikir ini terjadi karna kulit kepala penis saya sensitif,tapi saya juga khawatir kalau ada penyakit lain,menurut dokter bagaimana?
Terus terang saya agak malu kalau harus periksa ke dokter langsung, saya ingin dapat sedikit kejelasan tentang masalah ini dulu sbelum konsultasi langsung.
Sekian pertanyaan saya,dan saya nantikan jawabannya,terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 11/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti kekhawatiran yang sobat rasakan. Nyeri yang dirasakan di sekitar kepala penis  merupakan komplikasi yang bisa terjadi pasca dilakukannya sunat.  Selain rasa nyeri dapat juga timbul rasa ngilu pada kepala kemaluan. Hal ini disebabkan kepala penis jarang terpapar oleh lingkungan sekitar dan menyebabkan kepala kemaluan sangat sensitif sampai tahap yang tidak nyaman. Umumnya kondisi tersebut akan hilang, namun tidak dapat dipastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar rasa nyeri tersebut hilang.
Untuk penanganan keluhan ini, sobat dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Gunakan celana atau pakaian dalam dengan bahan yang nyaman, longgar dengan bahan katun
  • Hindari aktifitas fisik berat atau gerakan mendadak
  • Jaga kebersihan penis
  • Lakukan hubungan seksual yang aman dan sehat
  • Waspadai timbulnya rasa nyeri berat pada penis sobat, segera periksakan diri sobat ke dokter bila keluhan menetap atau memberat

Untuk penyakit lain terkait nyeri pada kepala penis adalah Balanitis. Balanitis merupakan peradangan pada kepala penis yang biasa dirasakan pada seseorang yang tidak disunat. Hal ini disebabkan kebersihan yang kurang terjaga. Laki-laki yang belum disunat lupa mencuci bagian bawah kulup secara rutin, sehingga mudah terjadi infeksi oleh bakter, jamur, virus ataupun parasit. Namun, tidak menutup kemungkinan laki-laki yang telah disunat,  mengalami masalah ini. Sobat tetap dapat dapat terinfeksi karena jamur, infeksi menular seksual, atau alergi.
Jangan ragu atau malu untuk mendiskusikan masalah kesehatan penis kepada dokter umum atau spesialis andrologi. Pemeriksaan dini dapat membuat penyembuhan penyakit penis menjadi lebih mudah dan cepat.
Semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂
Semoga bermanfaat,

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.