buah zakar terasa nyeri

saya sering masturbasi langsung 3 atau 4 kali setiap 3 atau 4 hari pada malam hari sebelum tidur, sekarang saya berusaha berhenti, tetapi setelah sekitar seminngu, buah zakar saya kadang-kadang terasa nyeri lalu sesaat rasa nyerinya hilang, dan nyerinya disertai seperti buah zakar saya membesar padahal sudah di cek tidak ada perubahan, bagaimana cara mengatasinya?

1 Jawaban Dokter

Staff 10/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Buah zakar atau testis merupakan organ yang memproduksi sperma. Testis yang nyeri dan membengkak bukanlah sesuatu yang normal, biasanya disebabkan jaringan didalam testis atau dibelakang testis (epididimis). Hal-hal yang dapat menimbulkan keluhan nyeri pada testis adalah sebagai berikut:

  1. Peradangan pada testis akibat infeksi (orchitis atau epididimitis)
  2. Peradangan salurang kemih
  3. Hidrokel (penumpukan cairan yang menyebabkan testis membengkak)
  4. Cedera pada testis
  5. Testis terpuntir
  6. Keganasan pada testis

Untuk penanganan sementara, sobat dapat meminum obat penghilang nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter. Kemudian, kami sarankan untuk segera konsultasikan langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Pemeriksaan dokter akan meliputi wawancara, pemeriksaan fisik (termasuk pada daerah kemaluan dan zakar), dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan air seni, atau USG pada testis. Penanganan nantinya akan bergantung pada apa penyebabnya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.