flek hitam

Selamat malam dokter
Saya mau bertanya
Setelah melahirkan, sy minum pil KB diane
Mungkin sdh 2 tahun lebih,
Awal2 menggunakan, muka bersih tanpa flek
Tp seiring berjalan wktu, kok flek hitam semakin bermunculan,, sy pernah konsultasi ke bidan katanya klo pakai kb diane tidak akan kena flek

Bagaimana pendapat dokter tentang hal ini? Apa semua pil KB memang berefek flek di wajah,

1 Jawaban Dokter

Staff 10/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Flek hitam atau yang disebut hiperpigmentasi merupakan kelainan pigmentasi (pewarnaan) pada kulit yang menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap. Hiperpigmentasi kulit dapat disebabkan faktor genetik, faktor pertambahan usia, faktor hormonal (penggunaan KB) serta bisa juga dari paparan sinar matahari yang langsung mengenai wajah yang tidak menggunakan tabir surya. 
Pil KB mengandung ethinylestradiol, versi sintetis dari dua hormon yang diproduksi secara alami dalam tubuh wanita: estrogen dan progestin. Kedua hormon tersebut mengatur siklus menstruasi wanita, dan tingkat naik-turun hormon ini memainkan peran penting dalam kehamilan. Pil KB merk Diane seperti yang sobat sebutkan mengandung cyproterone acetate (CPA) dan ethinylestradiol. Pil KB yang mengandung progestin cyproteron acetate  (CPA) bisa mengatasi gejala hiperandrogen yang banyak dialami para wanita usia produktif. CPA merupakan hormon sintetis yang bekerja menghambat reseptor androgen, sehingga menurunkan produksi hormon androgen. Penurunan hormon androgen dalam tubuh dapat menekan produksi minyak berlebih pada kulit dan mencegah jerawat radang. Hiperandrogen juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebih. 
Untuk mengurangi keluhan yang dirasakan sobat dapat menggunakan tabir surya selama berada di ruangan terbuka. Jika keluhan dirasa sangat mengganggu, sobat dapat konsultasikan langsung ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai berat ringannya flek yang terdapat di wajah sobat. 
Semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.