1 Jawaban Dokter

Staff 10/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Vitamin dan mineral merupakan zat mikronutrien yang sangat penting bagi tumbuh dan kembang anak, namun selain itu ada pula zat makronutrient yang tak kalah penting terutama jika terkait dengan peningkatan berat badan, seperti karbohidrat, protein dan lemak . Vitamin dan mineral sebenarnya dapat diperoleh dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Sobat dapat memberikan makanan utama 3 kali sehari, dengan memperhatikan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang kita sajikan. Pastikan mengandung karbohidrat (nasi, kentang, gandum), protein (telur, tempe, tahu, daging), lemak (minyak, daging) , vitamin dan mineral (buah, sayur) yang cukup. Kemudian ditambahkan dengan makanan selingan diantara jeda makan utama seperti buah dan biskuit. 
Mengenai berat badan tidak pernah naik harus dikonsultasikan langsung kepada ahli gizi untuk dapat dipastikan apakah tinggi dan berat badan sudah sesuai dengan usia anak atau tidak. Konsultasikan juga mengenai suplemen vitamin penambah berat badan yang sesuai dengan kebutuhan anak. 
Menjadi kewajiban orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Cobalah untuk kreatif dalam desain, bentuk, warna dan beragam rasa, ketika menyiapkan makanan ,sehingga Si Kecil terbujuk untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
Semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.