1 Jawaban Dokter

Staff 3 days ago
Public

Selamat Pagi sobat..
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti kekhawatiran yang sobat rasakan. Melakukan kontak langsung dengan penderita HIV/Aids memang  merupakan faktor risiko penularan virus tersebut, namun penularan tidak semudah itu karena terdapat faktor-faktor yang harus terpenuhi untuk membuat seseorang tertular virus tersebut, jadi tidak serta merta seseorang yang terpapar akan langsung terinfeksi:

  1. Virus keluar dari tubuh penderita HIV/Aids melalui cairan tubuh seperti darah dan sperma.
  2. Virus harus dalam kondisi yang cocok untuk bertahan hidup. Jika kondisi daya tahan tubuh kita sedang tidak baik atau terdapat infeksi, hal tersebut akan mempermudah virus bertahan hidup dan berkembang.
  3. Jumlah virus yang cukup untuk menimbulkan infeksi.
  4. Virusnya harus dapat masuk ke peredaran darah manusia. Virus ini tidak akan hidup dan berkembang jika tidak berada di sistem peredaran darah manusia.

Tentu saja, meninggalkan noda darah pada permukaan tubuh secara langsung juga merupakan faktor penyebab dari infeksi HIV. Bersihkan permukaan segera dengan sabun antiseptik setelah terkena darah atau cairan tubuh seperti sperma, cairan vagina, dll. Selalu terapkan tindakan keselamatan saat membersihkan. Mengenai presentase tertularnya, kami tidak dapat memprediksi karena kembali lagi ke keempat faktor tersebut.
Jika dirasa mengkhawatirkan sebaiknya lakukan pemeriksaan HIV/Aids di Puskesmas atau RS yang menyediakan layanan konseling HIV/Aids dengan menggunakan metode rapid test HIV.
Semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.