Berat badan kurang

Anak saya Kenzie tgl 16 January 2019 ntar umur 4tahun. Tapi berat badan nya sampai saat ini hanya sekitar 13kg. Sejak kecil anak saya alergi susu sapi. Kalo minum susu sapi, anak saya akan batuk2 dalam jangka waktu lama. Sejak kita mengetahui dia alergi susu sapi, kita ksh minum susu soya Morinaga sampai skg. Dan berat badannya sgt susah bertambah. Mgk sdh lbh dari 1tahun anak saya berat nya sama. Saya sebagai ayahnya sangat khawatir keadaan anak saya. Terakhir ini saya tanya ke dokter di batam katanya kasih nutrinidrink. Tp anak saya alergi susu sapi. Jd disuruh dokter anak di sini ksh susu nutrinidrink 1hari 1kali saja. Trus minum berapa lama saya gak jelas. Nutrinidrink boleh minum berapa lama dokter? Dan anak saya ada alergi susu sapi loh. Bgm solusi terbaik dari dokter Nutriclub? Sbg info, anak saya ini sangat aktif dan sdh pintar bicara. Hanya berat badan dan mungkin tinggi badan juga kurang sedikit. Mohon petunjuk dokter … terima kasih

1 Jawaban Dokter

pak, 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. Jadi ada baiknya saat ini anak bapak dicoba untuk konsumsi susu sapi kembali agar variasi makanannya menjadi lebih baik dan bila diperlukan dapat mencoba susu dengan kalori yang lebih tinggi. Bila ternyata masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali.

apakah anak bapak sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi pak. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

nah selain itu, bila dari segi makanannya sudah diperbaiki, perlu dilakukan pemeriksaan apakah ada defisiensi Fe, atau ada infeksi sal kemih, atau ada infeksi TBC, atau infeksi lainnya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.