Apakah herpes genital sudah pasti rentan tehadap HIV/AIDS? Berapa lama luka herpes genital membaik?

Halo dok, mau tanya..

Tahun 2014 saya pernah terkena herpes genital untuk pertama kalinya, hanya ada 1 benjolan kecil di vagina. Lalu baru-baru ini herpes saya kambuh lagi di vagina, pertama hanya ada 1 dibibir vagina, lalu setelah saya cek ada 2 benjolan lain di bibir dalam. Pertanyaan saya,
1. Berapa lama lesi akan kering/sembuh total?
2. Apakah lesi akan sembuh jika hanya pakai acyclovir cream dan tidak konsumsi pil atau obat dokter lainnya?
3. Jika pada hari ke3 pemakaian cream acyclovir, lalu saya haid, haruskah saya lanjutkan pakai cream setelah haid selesai? Dan berapa lama?
4. Apakah penyakit seksual menular seperti herpes genital rentan terhadap HIV/Aids? Tahun 2016 (2 tahun setelah pertama kali terkena herpes) saya pernah cek HIV dan hasilnya negatif, apa saya perlu cek lagi ya dok?

Terima kasih dok.

1 Jawaban Dokter

Staff 08/12/2018
Public

Selamat siang sobat.. 
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Herges genital atau yang disebut Herpes Simplex merupakan salah satu penyakit infeksi menular seksual (IMS) karena pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. Herpes genital disebabkan oleh inveksi Herpes Simplex Virus tipe 1 dan 2. 
Pengobatan herpes genitalis lebih baik menggunakan antivirus oral yang dimunm selama 7-10 hari. Kemudian masa penyembuhan tergantung kekebalan tubuh masing-masing individu. Mengenai hubungannya dengan HIV/aids jelas berbeda karena jenis virus yang menginveksi berbeda. Namun herpes genital (herpes simplex) dan HIV/aids sama-sama kelompok penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual.
Kami sarankan untuk langsung konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan terapi yang tepat.
Semoga bermanfaat
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.