SAKIT KEPALA,MUAL,DEMAM,LEMAS

saya demam dan sakit kepala lalu mual hingga muntah2 juga. kira2 saya sakit apa yah dok? saya blm sempat periksa ke klinik.karna saya msh lemas blm kuat jalan jauh.

1 Jawaban Dokter

Staff 07/12/2018
Public

Selamat siang sobat,
Terimakasih telah menggunakan layanan tanyadok.
Kami mengerti ketidaknyamanan yang sobat rasakan. Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik. Untuk mual dan muntah yang sobat rasakan berasal dari saluran pencernaan yang bisa disebabkan infeksi atau produksi asam lambung yang berlebih. Sedangkan sakit kepala yang sobat rasakan bisa merupakan gejala ikutan akibat keluhan yang lain.  
Untuk penanganan keluhan sobat, dapat dilakukan hal-hal seperti berikut: 

  • konsumsi obat penurun panas yang dijual bebas tanpa resep dokter
  • cukup istirahat
  • minum air mineral min 2 liter sehari
  • makan sedikit-sedikit tapi sering untuk mengurangi mual
  • hindari makanan yang asam, pedas, berminyak serta mengandung banyak gas (umbi-umbian, kol, sawi)

Jika keluhan yang sobat rasakan sudah lebih dari 3 hari, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter dan dapat dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium untuk mencari penyebab keluhan sobat, sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.
Semoga lekas membaik dan salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.