kekuatan otot skala berapa untuk hambatan mobilitas fisik dan resiko hambatan mobilitas fisik

salah satu diagnosa stroke adalah hambatan mobilitas fisik penyebab mobilitas fisik adalah penyakit/cedera. etiologi terjadi penurunan kekuatan otot, gangguan sistem saraf dan gangguan neurologi. dok minta saran untuk penjelasan tentang etiologi dari hambatan mobilitas fisik

1 Jawaban Dokter

Staff 06/12/2018
Public

Hai  Sobat,
Saya coba menjelaskan satu persatu ya, dikarenakan saya kurang mengerti masalah atau pertanyaan Sobat.

  1. Salah satu diagnosa stroke adalah hambatan mobilitas fisik penyebab mobilitas fisik adalah penyakit/cedera. : jawaban iya.
  2. Etiologi terjadi penurunan kekuatan otot, gangguan sistem saraf dan gangguan neurologi: jawaban iya
  3. Minta saran untuk penjelasan tentang etiologi dari hambatan mobilitas fisik :

Baik untuk nomer 3, saya ingin bertanya apakah ada Saudara Sobat yang sedang mengalami stroke?
Stroke terdiri dari :

  1. Stroke iskemik ,Penyakit stroke iskemik adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Jenis penyakit ini bertanggung jawab atas 87 persen dari total kasus penyakit ini

Bekuan darah sering diakibatkan oleh aterosklerosis. yang merupakan penumpukan timbunan lemak di lapisan dalam pembuluh darah. Sebagian dari timbunan lemak ini bisa lepas dan memblokir aliran darah di otak Anda. Konsepnya mirip dengan serangan jantung, di mana gumpalan darah menghalangi aliran darah ke sebagian jantung Anda.
Kondisi ini bersifat embolik, yang berarti bekuan darah berasal dari bagian lain di tubuh Anda dan kemudian berpindah menuju ke otak, lalu biasanya dari jantung dan arteri besar di dada bagian atas dan leher.
2. Stroke hemoragik
Penyakit stroke hemoragik terjadi saat pembuluh darah di otak mengalami kebocoran atau pecah. Stroke hemoragik menyumbang sekitar 13 persen dari total kasus penyakit ini
Kondisi ini berawal dari pembuluh darah yang melemah, kemudian pecah dan menumpahkan darah ke sekitarnya. Darah yang bocor jadi menumpuk dan menghambat jaringan otak di sekitarnya. Kematian atau koma panjang akan terjadi jika pendarahan berlanjut.
Ada dua jenis stroke hemoragik. Pertama adalah aneurisma, yang menyebabkan sebagian pembuluh darah melemah hingga mengembang layaknya balon dan kadang pecah. Lalu  lainnya adalah malformasi arteriovenosa, yaitu kondisi pembuluh darah yang terbentuk secara abnormal. Jika pembuluh darah semacam itu pecah, bisa menyebabkan stroke hemoragik.
 
Nah, baik Mobilitas fisik (Gangguan mobilitas fisik  atau immobilisasi) didefinisikan sebagai suatu kedaaan dimana individu yang mengalami atau beresiko mengalami keterbatasan gerakan fisik. Dalam hal ini pada penderita stroke dapat mengalami keterbatasan :

  • Langsung dari gangguan saraf atau neurologi nya yang mengenai saraf motorik kaki atau tangan diotak.
  • Tidak langsung, misalnya dalam artian ini merupakan dampak dari penderita stroke mengalami ketidakberdayaan misalnya akibat koma atau tirah baring lama dikarenakan pada beberapa pasien dilarang bergerak terlalu banyak contoh pasien stroke hemoragik atau perdarahan yang meskipun posisi pasiensadar dan dapat berdiri namun mereka akan diminta untuk bed rest sampai dengan proses perdarahan didalam otak atau kondisi membahayakan mereka dapat mereka lewati. Nah kondisi bedrest ini atau tindakan tirah baring lama yang memang tidak terelakkan dapat menyebabkan penurunan kekuatan otot (dikarenakan otot tidak terpakai atau tidak dibuat pergerakan). Oleh karena itu jika pasien sudah stabil dalam artian dapat dilakukan adanya aktifitas mobilisasi pasif, Maka orang terdekat atau pun petugas fisioterapi jika di rumah sakit dapat membantu untuk memobilisasi atau menggerakkan secara pasif bagian kaki atau tangannya dan terkadang di bagian fisioterapi dapat juga dilakukan penyinaran.

Hal-hal tersebut dengan gerakan sederhana, penyinaran dan keinginan pasien yang kuat maka dapat mempercepat penyembuhan atau mobilitas imobilisasi pasien akan lebih cepat pulih.
Sekian, mungkin jika ada yang kurang jelas dapat Sobat tanyakan kembali berikut dapat Sobat sertakan kasus pasien, dikarenakan kurang detailnya kasus diatas. 
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok, Semoga Sobat dan keluarga selalu dalam keadaan Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.