1 Jawaban Dokter

Staff 5 days ago
Public

Selamat pagi sobat,
Kami mengerti keluhan yang sobat rasakan, apakah sebelum keluhan ini sobat mengkonsumsi makanan yang diolah tidak higienis? Apakah sobat mengkonsumsi makanan yang pedas, asam, atau berminyak? Apakah sobat ada keluhan maag sebelumnya? Apakah BAB cair diserta lendir dan darah? Berapa frekuensi BAB dalam sehari? 
BAB dikatakan diare jika frekuensi BAB lebih dari 3 kali dalam sehari serta konsistensi nya cair. Diare yang disertai muntah disebut Gastroenteritis. Penyebab Gastroenteritis terbanyak adalah infeksi. Gastroenteritis infeksi bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan atau parasit melalui konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi. Tersering disebabkan oleh virus, yaitu rotavirus, yang terkait dengan diare akut.
Untuk penanganan atas keluhan sobat sementara dapat dilakukan hal-hal berikut:

  1. Kompres perut yang kembung dengan handuk hangat
  2. Selalu mencuci tangan sebelum makan
  3. Hindari makanan yang diolah dengan tidak higienis
  4. Perbanyak intake cairan (air mineral, kuah sup, dll, hindari yang mengandung susu dan yang asam)
  5. Makan sedikit-sedikit tapi sering, agar tidak terlalu mual, hindari makanan asam, pedas, berminyak, dan banyak gas (kol, umbi-umbian, sawi)
  6. Selama BAB cair hindari konsumi sayuran dan buah yang asam. Buah yang dianjurkan saat diare adalah pisang, karena mengandung kalium yang tinggi untuk mengganti elektrolit yang hilang

Jika keluhan yang dirasakan makin memberat, kemudian sobat merasakan sangat lemas, BAB disertai darah, dan nyeri perut hebat segera konsultasikan langsung ke dokter agar dilakukan penangan yang lebih tepat, jika perlu dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan laboratorium.
Semoga bermanfaat dan lekas pulih. Salam sehat:)
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.