Terdapat benjolan didalam kelopak

Tadi siang mata saya tiba tiba sering berkedut-kedut kemudian sekarang terasa sakit saat berkedip terutama dibagian kelopak mata, ternyat terdapt benjolan kecil merah. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya? Sebelumnya saya memakai salep mata dari dokter saatsaya terakhir kali mengalami hal ini juga

1 Jawaban Dokter

Staff 05/12/2018
Public

Selamat pagi sobat..
Kami mengerti ketidaknyamanan sobat akibat benjolan yang terdapat pada kelopak mata sobat. Perlu di ketahui benjolan pada kelopak mata yang dirasakan merah dan nyeri merupakan keadaan peradangan yang bersifat akut, biasanya diakibatkan infeksi oleh kuman. Biasanya mata menjadi berair, terasa gatal dan berpasir, serta mata menjadi lebih peka terhadap paparan sinar.
Sebenarnya benjolan di kelopak mata pada umumnya tidak berbahaya, namun jika dirasa semakin membesar dan mengganggu penglihatan sebaiknya langsung dikonsultasikan pada dokter spesialis mata. Nanti dokter akan melakukan wawancara beserta pemeriksaan fisik khusus pada mata sobat, sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.
Untuk penanganan sementara di rumah, sobat dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Bersihkan benjolan dengan menggunakan kapas yang dibasuh air hangat dan usapkan kelopak mata dengan perlahan. Perlu diperhatikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah membersihkan kelopak mata untuk mencegah kontaminasi kotoran.
  2. Hindari memencet benjolan agar infeksi tidak semakin dalam dan semakin parah.
  3. Dapat dioleskan krim antibakteri.
  4. Kompres dengan handuk hangat yang bersih 3-4 kali sehari sampai benjolan hilang.
  5. Hindari sementara menggunakan make-up yang diaplikasikan di sekitar mata (eye-shadow, eye-liner, maskara, dll.)
  6. Untuk mencegah timbulnya kembali benjolan tersebut dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan sekitar mata. 

Semoga bermanfaat bagi sobat dan semoga lekas membaik.
Terima kasih telah menggunakan layanan tanyadok dan salam sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.