pil penunda haid yg aman

saya mau umroh dan potensi kena jdwal haid shg perlu pil penunda haid yg aman krn pny riwayat tiap awal haid slalu nyeri dismenora (pms), fyi haid sy rutin tepat waktu sesuai jdwal di aplikasi calender wanita siklus 25 hr an, mohon info pil yg aman utk dikonsumsi, usia 42 thn, tks dok ­čÖé

1 Jawaban Dokter

Staff 04/12/2018
Public

Halo Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok ­čÖé

Untuk menunda haid, misalnya untuk menjalani ibadah unroh, dapat digunakan obat yang berisi norethisterone. Norethisterone merupakan hormon progesteron buatan yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi seperti nyeri dan perdarahan berlebih saat menstruasi, serta kanker payudara. Dalam dosis rendah, norethisterone dapat digunakan untuk mencegah kehamilan (kontrasepsi).
Sebaiknya perlu diketahui dahulu siklus menstruasi yang dimiliki. Cara pemakaian obat norethisterone untuk menunda menstruasi:

  • konsumsi 5 mg, 3 kali sehari, yang dimulai 6 hari s.d 3 hari sebelum menstruasi datang, dilanjutkan
  • setelah 2-3 hari berhenti mengkonsumsi obat, maka menstruasi akan datang kembali

Saat mengkonsumsi obat tersebut dengan cara yang benar, biasanya tidak terjadi menstruasi.
Norethisterone juga dapat menimbulkan efek samping, misalnya:

  • kembung
  • sakit kepala
  • mual
  • nyeri

Konsumsi Norethisterone sebaiknya dibatasi tidak lebih dari 14 hari. Karena, jika dikonsumsi terlalu lama bisa menyebabkan perdarahan menstruasi yang berlebihan. 
Disarankan agar Sobat periksa dan berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsi obat tersebut. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan, dan diberikan jenis serta dosis obat yang sesuai.
Demikian, Semoga bermanfaat dan Semoga Sobat dan keluarga Sehat selalu ­čÖé
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.