2 answer

Staff 03/12/2018
Public

Selamat pagi sobat,
Penyebab nyeri perut bagian bawah pada seorang wanita banyak penyebabnya tergantung organ yang berada di dalamnya,  seperti rahim, saluran pencernaan dan saluran kemih. Apakah nyeri yang dirasakan disertai adanya gangguan haid baik dari waktunya yang tidak teratur, jumlah dan warna haid yang tidak normal, kemudian apakah terdapat gangguan buang air kecil dan buang air besar?
Rentang haid normal yaitu 21 – 35 hari. Jika nyeri yang dirasakan disertai dengan rentang haid yang cepat (<21 hari) atau terlambat haid (>35 hari) sebaiknya langsung dikonsultasikan ke dokter kandungan. 
Untuk membantu mengatasi nyeri perut sementara, sobat dapat melakukan kompres hangat di sekitar perut bagian bawah, kemudian meminum obat penghilang nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter, minum air mineral yang cukup, makan yang bergizi, olahraga teratur dan istirahat yang cukup.
Jika keluhan yang dirasakan tidak membaik, bisa dikonsultasikan langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung, pemeriksaan tambahan seperti USG, serta dapat diberikan terapi yang tepat.
Semoga dapat membantu dan salam sehat

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.