1 Jawaban Dokter

Staff 01/12/2018
Public

Halo Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Bila benjolan tersebut berlokasi di bola mata, dan berada di area putih mata (sklera) sampai mendekati pupil, maka kemungkinan dapat disebabkan oleh pterigium, pseudopterigium, atau Pinguekula.

  1. Pinguekula adalah benjolan pada putih kekuningan yang dapat rata atau agak timbul pada konjungtiva di kedua mata (lebih jarang terjadi di salah satu mata saja), sering muncul di daerah limbus mata, yaitu perbatasan antara bagian hitam dan putih bola mata. 
  2. Pterigium adalah pertumbuhan yang mirip dengan pinguekula, tetapi biasanya asimetris, atau hanya di salah satu mata. Kedua pertumbuhan jaringan tersebut akan semakin berkembang menuju ke kornea atau bagian hitam mata. Pterigium berbentuk segitiga dengan puncak di bagian sentral. Diduga keluhan ini disebabkan karena iritasi kronis akibat debu, sinar matahari, dan udara yang panas. Penyebabnya tidak diketahui dengan jelas namun diduga merupakan suatu radang dan degenerasi (proses menua).
  3. Pseudopterigium adalah perlekatan konjungtiva dengan kornea yang cacat dan sering terjadi pada proses penyembuhan luka pada kornea.

Pinguekula pada umumnya tidak membutuhkan terapi, kecuali tetes mata steroid ringan untuk mengurangi peradangan. Sedangkan pterigium adalah pertumbuhan yang invasif dan dapat menarik kornea, sehingga menimbulkan astigmatisme dan penurunan penglihan. Sehingga tatalaksana nya adalah dengan mengambil atau menghilangkan benjolan tersebut dengan operasi.
Sobat tidak perlu terlalu khawatir karena kondisi-kondisi ini tidak mengancam nyawa. Namun jika ringan mungkin tidak bereaksi apapun hanya seperti mengganjal namun dapat apabila membesar atau membuat mata menjadi meradang, dapat menimbulkan mata lebih mudah terkena iritasi sampai dengan jika ternyata pterigium dan sampai menutupi kornea dapat terjadi hilangnya penglihatan.
Untuk memastikan benjolan putih yang Sobat rasakan Pinguekula, pterigium atau pseudopterigium, Sebaiknya konsultasi langsung ke dokter spesialis mata agar dapat dipastikan dengan wawancara, pemeriksaan fisik langsung pada mata Sobat. Yang tentunya jika mendapat diagnosis yang tepat hal itu berpengaruh terhadap penanganan tata laksana yang sesuai.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kemungkinan keluhan yang Sobat alami, Semoga Sobat serta keluarga selalu diberi kesehatan, Semoga bermanfaat. SALAM SEHAT 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.