Bintik kecil² di lengan

Bagian lengan atas dan pundak banyak bintik bintik kecil bewarna kemerahan dan tumbuh rambut tipis di bagian itu. saya ingin tahu itu apa dan bagaimana cara menghilangkannya?

1 Jawaban Dokter

Staff 30/11/2018
Public

Selamat malam Sobat,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Bintik kecil kemerahan dan ditengahnya ada rambut. Apakah gatal, ada nanah? Swjain dipundak atau lengan atas adakah tempat lain? Adakah Sobat suka lulur, creambath, memakai conditioner atau sampo yang mengandung moisturizer,  apakah pernah memencet dan mengeluarkan isi bintik tersebut? Sudah berapa lamakah sobat mengalami hal tersebut dan bagaimana cara Sobat menanggulanginya selama ini?
Baik, keluhan Sobat untuk bintik merah dan ditengahnya ada rambut, dapat memungkinkan beberapa diagnosa, diantaranya  :
1. Folikulitis
Folikulitis adalah peradangan yang terjadi pada folikel rambut atau tempat rambut tumbuh yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Meskipun bisa menyebabkan rasa gatal dan perih, penyakit ini umumnya tidak berbahaya. 
Gejala yang muncul pada folikulitis, antara lain:

  • Muncul banyak benjolan kecil berwarna merah atau seperti jerawat, di kulit tempat rambut tumbuh.
  • Benjolan terasa nyeri yang berisi nanah, dapat membesar atau pecah.
  • Gatal dan sensasi terbakar pada kulit.

Folikulitis disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada folikel rambut. Sebenarnya bakteri ini terdapat di permukaan kulit, dan tidak mengganggu kesehatan. Masalah baru timbul jika bakteri ini masuk ke dalam folikel rambut akibat permukaan kulit yang rusak, misalnya akibat mencukur. Selain karena bakteri, folikulitis juga bisa disebabkan oleh virus dan jamur.
2. Jerawat kecil atau milia
milia adalah seperti jerawat, yaitu berupa benjolan kecil berukuran 1-2 mm dan berwarna putih menyerupai warna mutiara atau putih kekuningan. Milia biasanya muncul secara berkelompok di daerah hidung, mata, dahi, kelopak mata, pipi, dan dada,punggung bagian atas dan lengan atas.
Salah satu jenis milia yaitu multiple eruptive milia, yaitu milia yang juga tergolong langka dan biasanya muncul di area wajah, lengan atas, serta tubuh bagian atas lainnya termasuk Milia jenis ini muncul dalam bentuk bergerombol dalam kurun waktu beberapa minggu atau bulan.
Milia tidak menunjukkan gejala khusus selain penampakan fisik berupa benjolan berwarna putih seperti warna mutiara atau putih kekuningan yang menyerupai jerawat. Namun pada sebagian penderita, milia juga dapat disertai rasa gatal.
3. Miliaria atau sering disebut biang keringat. Biang keringat ini muncul di lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya terjadi pada daerah bersuhu panas atau lembap. Gejala dari kondisi ini adalah berupa sensasi gatal dan menyengat disertai munculnya bintil merah.
Cara menghilangkannya tergantung dari diagnosis penyebab bintik Sobat, beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit :
– Membersihkan wajah dengan air dan sabun pembersih wajah yang lembut secara teratur 2 kali sehari

– Segera mandi setelah melakukan aktivitas fisik yang menimbulkan banyak keringat

– Gunakan sabun mandi antibakteri, namun jika PH kulit Sobat cenderung kering atau sensitif justru gunakan Sabun mandi bayi.

– Mengganti dan mencuci pakaian dan handuk, sprei, kerudung dan lain lain secara berkala

– Hindari memencet atau memecahkan bintik yang timbul agar tidak menyebabkan bekas yang sulit hilang

– Perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah, atau dapat juga mengkonsumsi vitamin C misal ester C.

– Hindari merokok, kurang tidur, meminimalisir stress

– Hindari produk yang bisa membikin Sobat alergi atau menutup pori-pori atau membuat kelenjar keringat Sobat memproduksi lebih minyak, contoh : sabun atau pembersih muka yang tidak cocok untuk kulit sobat, atau lulur atau produk sampo atau conditioner yang memiliki tingkat kelembaban tinggi dapat memacu produksi sebum pada kulit. Hal ini biasanya mangakibatkan timbulnya bintik lemak atau minyak yang dapat menyebabkan kulit Sobat menjafi tempat yang nyaman untuk pertumbuhan bakteri. 
Bila keluhan yang di alami sudah terasa mengganggu maka tidak ada salahnya Sobat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pemeriksaan fisik secaa langsung terhadap jenis kulit serta bintik merah Sobat. Penanganan yang diberikan namtinya tentu akan di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit Sobat.
Sekian, semoga dapat membantu, Semoga kulit Sobat lekas kembali Sehat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.