nyeri dan mau tanya obat

Permisi pak / ibu dokter saya aji hapsah
Dengan ini saya ingin menjelaskan kronologi tentang kuku jempol kaki saya yang kelupas/copot untuk itu saya ingin menyakan obat atau di perbanin pake apa sekian dan terima kasih .

1 Jawaban Dokter

Staff 29/11/2018
Public

Selamat Sore Aji Hapsah ­čÖé
Hai Sobat apakah kuku sobat lepas seluruhnya sampai bawah, jika sudah lepas, maka :

  1. Jika masih ada darah dihentikan dan lakukan pembersihan atau kompres desinfektan seperti rivanol atau jika sudah tidak ada darah dan kondisi kaki tenang tidak bengkak dapat diolesi dengan betadine untuk mencegah infeksi. 
  2. Jika memang sobat beraktivitas ketempat kotor atau khawatir bahwa sepatu sobat tidak steril maka sobat dapat menggunakan perban. namun pastikan jika keadaan kuku sobat dalam kondisi kering jika masih ada darah atau luka dapat dioleskan betadine salep atau perban dalam basah atau lembab dengan rivanol baru perban kering agar tidak menempel. namun biasanya dikarenakan lapisan dalam kuku akan tetap ada sehingga mungkin jika tidak ada infeksi sebenarnya jangka waktu 2-6 hari sudah tidak memerlukan perban kecuali jika khawatir ketempat yang kotor. 

Namun pastikan tidak ada tanda infeksi ya Sobat. Bagaimana mengetahui tanda infeksi, dapat dilihat dengan ciri-ciri seperti  dolor, kalor, rubor, tumor dan fungsio laesa :

  • Dolor adalah rasa nyeri, nyeri akan terasa pada jaringan yang mengalami infeksi. Ini terjadi karena sel yang mengalami infeksi bereaksi mengeluarkan zat tertentu sehingga menimbulkan nyeri
  • Kalor adalah rasa panas, pada daerah yang mengalami infeksi akan terasa panas. Ini terjadi karena tubuh mengkompensasi aliran darah lebih banyak ke area yang mengalami infeksi untuk mengirim lebih banyak antibody dalam memerangi antigen atau penyebab infeksi.
  • Tumor (benjolan),┬áTumor dalam konteks ini gejala infeksi bukanlah sel kanker seperti yang umum dibicarakan┬átapi pembengkakan berupa benjolan. Pada area yang mengalami infeksi akan mengalami pembengkakan karena peningkatan permeabilitas sel dan peningkatan aliran darah.
  • Rubor adalah kemerahan, ini terjadi pada area yang mengalami infeksi karena peningkatan aliran darah ke area tersebut sehingga menimbulkan warna kemerahan.
  • Fungsio laesa adalah perubahan fungsi dari jaringan yang mengalami infeksi. Contohnya jika luka di kaki mengalami infeksi maka kaki tidak akan berfungsi dengan baik seperti sulit berjalan atau bahkan tidak bisa berjalan.

Jika mengalami seperti perburukan misal nanah atau tanda-tanda infeksi, sebaiknya selain anti nyeri maka mungkin sobat memerlukan hal lain seperti antibiotik atau tindakan lain. Sobat dapat berkunjung langsung kedokter umum terdekat atau klinik untuk dapat dilihat pemeriksaan fisik terkait dengan kondisi kaki Sobat. Sehingga mendapatkan penanganan langsung yang tepat sesuai dengan kondisi Sobat.
Demikian yang bisa kami jelaskan, Semoga lekas sembuh ya Sobat, Salam Sehat ­čÖé

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.