kecemasan

assalamu\\'alaikum dok. sudah 2 minggu
ini saya mengalami kecemasan berlebih,
yg saya rasakan adalah, mulut kering, nafas pendek, jantung berdebat debar. hilang nafsu makan, dan pikiran yg sangat kacau,, yg saya pikirkan sekarang saya takut akan kematian, dan menjadi gila, sudah 2 minggu saya tahan, terasa semakin parah, jadi apa yg saya harus lakukan,? dan bagaimana cara mengatasi nya, ? Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 29/11/2018
Public

Halo Sobat,
Waalaikumsalam wr wb
Perlu Sobat ketahui sebelumnya bahwa mungkin saja Sobat mengalami suatu kegelisah atau kecemasan. Dalam dunia kesehatan terdapat beberapa kumpulan gejala yang dapat mengarah menjadi gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan merupakan kondisi psikologis ketika penderitanya mengalami cemas yang secara berlebihan secara konstan dan sulit untuk dikendalikan. Gejala psikologis yang dapat menyertai gangguan kecemasan diantaranya adalah gelisah, rasa takut, berkurangnya rasa percaya diri, menjadi lekas marah, stres psikologis, sulit untuk berkonsentrasi, menjadi penyendiri, dll. Sedangkan gejala fisik yang mungkin menyertai gangguan kecemasan yaitu sulitnya untuk tertidur, mengeluarkan keringat yang berlebihan, badan gemetar, jantung berdebar, sesak napas, lelah, sakit perut, sakit kepala, kesemutan, dll. Faktor pemicu yang dapat menyebabkan gangguan kecemasan adalah trauma akibat intimidasi, pelecehan, kekerasan di lingkungan luar atau pun keluarga, stress berkepanjangan, keturunan, dll.

Sebenarnya untuk mengatasi gangguan kecemasan sangat mudah dan terkadang tidak memerlukan Obat, dan tingkat keberhasilan sembuhnya pun tinggi. Sobat dapat :
1. Ubahlah pola hidup Sobat menjadi lebih sehat diantaranya dengan makan makanan bergizi tepat waktu, minum air putih yang banyak, tidur dan istirahat yang cukup.
2. Belajar menerima suatu masalah yang sulit diatasi atau hal-hal yang tidak dapat diubah. contoh misal kematian maka kematian itu karena Sobat beragama islam sudah diatur tanggal serta kapan sejak sebelum dilahirkan. Nah jadi Sobat tidak dapat mengubah hal tersebut, yang Sobat bisa lakukan adalah perbanyak ilmu agama jika memang Sobat takut akan mati, dan mencoba untuk menjauhi larangan serta menjalankan perintahNya.
3. Selalu berpikir positif dan memandang bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup ada hikmahnya.
4. Meminta saran dari orang terpercaya untuk mengatasi masalah yang sedang dialami.
5. Belajar mengendalikan diri dan selalu aktif dalam mencari solusi.
6. Olahraga teratur sesuai dengan kemampuan
7. Mendekatkan diri kepada Tuhan, mencari lingkungan yang baik. misalnya karena Sobat  sepertinya beragama islam lakukan puasa atau minimal membaca alQuran dapat membantu Sobat menenangkan hati. 
8. Melakukan hobby atau menonton tv komedi, mencoba untuk tertawa atau tersenyum
9. Hindari merokok, minum alkohol, dll.
Jika cara – cara di atas sudah Sobat lakukan akan tetapi gangguan kecemasan masih timbul dan bertambah parah, maka segeralah untuk menemui Dokter umum atau psikolog atau dokter Spesialis kesehatan Jiwa / Psikiater sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.
Demikian, Semoga dapat membantu dan Semoga Sobat serta keluarga selalu dalam keadaan Sehat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.