vaksin servik

Jika pernah melakukan hub sek, lalu ingin vaksin servik apakah perlu melakukan papmier terlebih dahulu, sedang hub sek tidak dilakukan secara aktif

1 Jawaban Dokter

Staff 29/11/2018
Public

Selamat Malam Sobat,
Kami mengerti kekhawatiran Sobat.

Jika Sobat sudah pernah berhubungan seksual dan ingin melakukan vaksinasi HPV maka idealnya Sobat perlu melakukan papsmear dan tes dna HPV sekaligus saat papsmear tersebut. Ini dilakukan  untuk melihat status infeksi Sobat terhadap virus HPV dan untuk mendeteksi adanya gangguan pada servik. Namun hal tersebut tidak mutlak, saya jelaskan secara singkat ya Sobat. Kanker servik dapat disebabkan oleh kondisi peradangan terus menerus contoh keputihan, ataupun penyakit kelamin, penyebaran kanker dari organ lain, pola hidup yang tidak sehat misal merokok dapat meningkatkan risiko kanker pada semua organ, lalu setelah itu yang paling sering dikarenakan jenis virus hpv saat ini penelitian menyebutkan hpv strain 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks.

Nah vaksinasi serviks atau hpv ini melindungi kita dari faktor risiko kanker serviks akibat virus HPV yang memang banyak sekali kanker serviks yang disebabkan oleh virus ini. Saat ini Vaksinasi terhadap kanker serviks ada 2 macam merk : yaitu Cervarix dan Gardasil, Cervariks memberikan perlindungan pada HPV tipe 16 dan 18 sementara Gardasil melindungi dari 4 strain HPV yaitu tipe 16, 18, 6 dan 11 (nah untuk vaksin 4 strain, selain melindungin dari kanker serviks yaitu strain 16 dan 18, 2 strain lain yaitu HPV tipe 6 dan 11 berperan dalam terjadinya penyakit kutil kelamin yang dapat juga menyebabkan atau meningkatkan terjadinya infeksi atau peradangan.
Lalu bagaimana jika hasil Pap smear Sobat sudah terinfeksi oleh virus HPV sebelum vaksin diberikan maka manfaat perlindungan dari vaksinasi dari HPV tipe yang Sobat sudah terinfeksi tidak bisa didapatkan secara optimal. Sementara untuk Manfaat perlindungan dari varian HPV strain lain yang divaksin masih memperoleh manfaat perlindungannya.
Lalu bagaimana apakah jika Sobat sudah terinfeksi salah satu strain akan memperburuk? dikarenakan vaksinasi HPV bukan merupakan menyuntikan vaksin DNA hidup. Jadi untuk tipe vaksin yang Sobat sudah terinfeksi maka tidak ada perburukan dan tidak terpengaruh apa-apa dan juga tidak mendapatkan efek perlindungan.
Nah jika Sobat hasilnya belum terinfeksi, tentunya Sobat akan mendapat perlindungan dari vaksinasi yang Sobat suntikan.
Nah jangan lupa selain vaksinasi untuk mencegah kankers serviks Sobat juga bisa melakukan pola menjaga kesehatan organ intim, menghindari rokok, menghindari seks bebas dan setia kepada pasangan Sobat.

Jika Sobat tertarik untuk melakukan vaksinasi kanker serviks, Sobat dapat menghubungi customer service klinik kami dengan Maya via WA/telpon 08111816800 atau membuka website kami yaitu prosehat.com . Klinik kami dapat melakukan vaksinasi layanan kerumah oleh dokter yang berkompetensi. 

Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.