iritasi telinga

Dok saya kemarin sakit sekali telinga saya iritasi memerah, lalu saya kasih obat otopain, apa benar setelah di kasih otopain akan ada warna putih yang membalut lubang telinga, jadi menutup pendengaran saya

Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 28/11/2018
Public

Halo Sobat,
Kami mengerti kekhawatiran Sobat.
Untuk pertanyaan Sobat harusnya tidak menyebabkan adanya selaput putih. Namun pengertian disini apakah selaput putih tersebut? Apakah seperti berupa cairan putih yang mengalir, atau cairan putih seperti nanah yang kental atau berupa pelepasan kulit telinga, atau pada beberapa kejadian dimana memang sebenarnya infeksi liang telinga diakibatkan oleh jamur, dan lalu lapisan tersebut terlepas.
Penyebab Telinga nyeri sangat banyak sekali, lalu apa yang memerah? Apakah kulit telinga bagian luar atau telinga bagian tengah atau telinga bagian dalam atau dokter Sobat yang berkata bahwa ada membran timpani yang dapat dilihat dengan alat kedokteran sedang berwarna merah? Berikut beberapa penyebab telinga sakit  Infeksi baik oleh jamur, bakteri dan virus. Tentunya untuk setiap penyebab infeksi serta dibagian manakah infeksi telinga tersebut muncul apakah di telinga luar, tengah atau dalam. Serta pada beberapa keadaan memerlukan penanganan yang berbeda-beda yang tidak sama.
Saran Kami, Jika Sobat merasa ada yang janggal, Sobat dapat menemui dokter Sobat kembali lalu tanyakan perihal selaput putih yang Sobat ceritakan, dikarenakan diperlukan wawancara, pemeriksaan fisik terhadap keadaan telinga Sobat secara langsung sehingga dapat mendapatkan diagnosis yang tepat serta nantinya akan berpengaruh untuk terapi dan penanganan yang juga sesuai dan tepat.
Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, Semoga lekas Sembuh dan Sehat kembali, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.