Hamil dan keguguran yang tidak disadari

Selamat malam dok. Saya ingin berkonsultasi. Kami berhubungan suami istri pada bulan sept, setelah istri saya beres haid. Pada bulan okt, istri saya tidak muncul haid, selama itu istri saya merasakan perut sakit dan kram, pusing, muntah seperti akan muncul haid, tetapi tidak kunjung datang, akhirnya sampai bulan nov, kami mencoba testpack dengan 3 merk yang berbeda dan hasilnya negatif. Pada saat mencoba testpack, Kemudian kami melakukan hubungan suami istri, bersamaan dengan itu tiba-tiba keluar darah dari vagina istri saya. Awalnya kami mengira mungkin itu darah haid, tapi sudah 2 minggu lebih sampai sekarang darah yang keluar tidak berhenti, dan munculnya kadang sedikit kadang banyak dan ada beberapa gumpalan, dari warna merah sampai coklat. Akhirnya kami memutuskan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan. Dokter itu mengatakan bahwa istri saya mengalami keguguran, saya dan istri saya tidak menyadari bahwa istri saya sedang masa hamil dan langsung keguguran karena pada saat itu memang aktifitas istri saya memang sedang padat, setelah di usg ternyata rahimnya sudah kosong dan sudah tidak ada janin yang terbentuk. Dokter tidak melakukan kuret dan untuk penanganannya hanya diberi obat saja untuk membantu membersihkan jaringan yang tersisa karena keguguran alami. Pada waktu itu dokter tidak terlalu menjelaskan secara detail. Yang ingin saya tanyakan, apakah kedepannya istri saya akan baik-baik saja ? Dari cerita diatas, jarak dari istri saya mulai hamil sampai bisa keguguran berapa lama ? Kira-kira usia kehamilan istri saya sudah berapa lama ? Apakah kasus seperti istri saya ‘tidak menyadari hamil dan langsung keguguran’ jarang terjadi atau memang hanya beberapa wanita saja yang mengalaminya ? Kami sulit membedakan antara ciri-ciri haid dan hamil, karena ini pertama kalinya bagi istri saya. Apakah hanya diberikan obat saja rahim istri saya sudah bisa bersih ? Mohon dijelaskan dok, terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 27/11/2018
Public

Selamat Siang Sobat,
Terima telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok.
Pertanyaan bapak mengenai umur kehamilan istri bapak bisa diketahui dengan mengetahui hari pertama haid terakhir sebelum mengalami keguguran, dari cerita bapak jika sekitar bulan sepetember misal hari pertama haid terakhit tanggal 10 September lalu keguguran tanggal 1 november maka dihitung jumlah minggu kira-kira usia kehamilan istri Anda 7 – 8 minggu. Pada beberapa kasus memang sulit terdeteksi hormon kehamilan dengan tes pack dikarenakan jumlah , tes pack kurang lebih 2-3 minggu setelah terlambat haid atau kira-kira usia kehamilan 6-7 minggu usia janin karena menurut kedokteran bahwa hari pertama haid terakhir lah awal mula usia janin agar seragam.
Lalu untuk perbedaan keguguran saat trisemester 1 dengan haid hampir tidak ada perbedaan karna sampai umur 10 minggu masih berupa kantung yang sangat kecil berupa darah sedangkan darah banyak yang keluar merupakan lapisan rahim yang memang harusnya luruh jika tidak ada pembuahan atau tidak ada janin atau darah seperti biasanya haid.
Untuk mengetahui apakah sudah bersih rahim istri anda maka Sobat bisa melakukan kontrol ke Spesialis kandungan terdekat Sobat untuk dilakukan USG setelah gumpalan atau darah istri anda selesai keluar dikarenakan kemarin istri anda sudah mengecheck jika memang tidak ada bakal bayi dirahim.
Pertanyaan lain tentang apakah bisa keluar sendiri tanpa obat atau kuret, hal itu bisa saja terlebih pada kehamilan awal dimana memang janin baru berupa kantung yang sangat kecil misal untuk janin usia 7 minggu berukuran hanya 5 – 13 mm dan beratnya hanya 0,8 gram kira-kira sebesar kacang hijau.
Jika istri Anda mengalami keterlambatan haid kembali untuk masa yang akan datang tunggu sampai dengan 2-4 minggu terlambat haid, dan gunakan urin pagi hari saat baru pertama kali bangun tidur dikarenakan tes pack menghitung jumlah hormon HCG atau hormon kehamilan yang mana mencapai batas yang bisa diterim oleh tes pack berbeda-beda disetiap individu dan mulai terdeteksi sepeti yang diatas saya bilang biasanya 2-3 minggu terlambat haid beberapa orang bisa lebih maju atau lebih lambat terdeteksi dan jangan lupa selalu catat tanggal haid pertama setiap bulannya karena sangat berpengaruh untuk menentukan perkembangan janin, 
Demikian Semoga bermanfaat, Semoga istri anda lekas kembali pulih dan mendapatkan rezeki yang Anda dan istri anda inginkan. Salam Sehat 🙂 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.