1 Jawaban Dokter

Staff 26/11/2018
Public

Hai Sobat
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Untuk menilai apakah hepatitis B diatas akut atau kronis maka diperlukan beberapa tes lab. melalui serangkaian pemeriksaan darah, yakni tes antigen dan antibodi untuk virus hepatitis B, serta pemeriksaan darah untuk melihat fungsi hati.
Ada tiga jenis pemeriksaan antigen dan antibodi untuk hepatitis B, yakni:

  • HbsAg (Hepatitis B surface antigen), Tes ini dilakukan untuk menilai penularan virus hepatitis B. Hasil tes negatif (-) berarti tidak ada virus hepatitis B dalam darah Anda. Sedangkan hasil tes yang positif (+) menandakan bahwa Anda memiliki virus hepatitis B dalam tubuh dan berpotensi menyebarkan virus ini ke orang lain. Namun, tes ini tidak dapat membedakan apakah infeksi ini sedang terjadi (akut) atau telah terjadi di masa lampau (kronis).
  • HbcAg (Hepatitis B core antigen). Tes ini seringkali dilakukan apabila hasil HbsAg Anda menunjukkan hasil positif, karena dengan tes ini dapat dilihat apakah hepatitis B yang Anda alami bersifat akut atau kronis. HbcAg positif pada umumnya berarti Anda menderita hepatitis B kronis (jangka panjang), atau dapat juga berarti Anda sedang dalam masa pemulihan dari hepatitis B akut.
  • Anti-HbsAg (Antibodi hepatitis B surface antigen). Tes ini menunjukkan kekebalan anda terhadap virus hepatitis B. Apabia anti-HbsAg Anda positif, besar kemungkinan Anda akan terlindungi dari virus hepatitis B. Hasil tes yang positif dapat berarti Anda telah mendapatkan vaksin hepatitis B atau Anda telah berada dalam masa pemulihan dari hepatitis B akut.

Selain ketiga tes di atas, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk melihat fungsi hati. Tes fungsi hati ini akan melihat apakah terdapat peningkatan enzim hati, yang menandakan bahwa hati Anda bekerja lebih keras daripada biasanya, sedang dalam tekanan, atau sedang mengalami kerusakan.
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.