gigi berlubang dan bau mulut

pagi dok,saya ingin menanyakan terkait gigi yg sudah berlubang besar dan bau mulut,itu apakah harus di cabut ya dong soalnya di tambal sudah tidak bisa,apa tidak ada alternatif lain? terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 26/11/2018
Public

Hai Sobat 
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Masih bisa dipertahankannya atau tidak gigi yang berlubang besar, tergantung tingkat kerumitan gigi, besar lubang, kondisi akar gigi sobat, serta sarana dan prasarana pada dokter gigi sobat.
Dokter gigi sobat akan menilai dengan wawancara, pemeriksaan fisik dan mungkin dengan pemeriksaan tambahan berupa radiologis untuk melihat keadaan saluran akar gigi. Saat ini sudah banyak sekali kemajuan di bidang tehnik penambalan gigi. Banyak gigi yang berlubang bahkan patah bisa diselamatkan baik giginya sampai dengan bentuknya pun diperbagus. Sobat dapat berkunjung ke dokter gigi yang memiliki sarana prasarana yang memadai untuk tehnik penambalan gigi dengan lubang besar di daerah sobat atau dokter gigi spesialis konservasi gigi atau drg. SpKG dikota Sobat. 
Sekilas saya jelasan tentang spesialisasi konservasi gigi. Konservasi gigi adalah bidang spesialistik yang bertujuan untuk melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut, sehingga estetika dan fungsi kunyah gigi dapat kembali normal. Perawatannya meliputi penambalan pada gigi yang berlubang, perawatan syaraf pada gigi yang sudah mati atau sisa akar, pemutihan gigi, perbaikan estetika pada gigi dan lain sebagainya.
JENIS PELAYANAN KONSERVASI GIGI :

  • Perawatan dan pencegahan gigi berlubang.
  • Penambalan gigi sesuai dengan kasus (onlay & inlay).
  • Perawatan gigi berlubang dalam yang sudah mencapai ke ruang saraf.
  • Perawatan saluran akar gigi, dentin hipersensitif, fraktur mahkota gigi, lesi karies radiasi, gigi avulsi.
  • Bedah endodonti.
  • Layanan estetik pemutihan gigi seperti veneer dan bleaching.
  • Post perawatan saluran akar (mahkota pasak logam, mahkota fiber post).

Sekian, Semoga mendapatkan penanganan yang tepat, serta gigi dan tubuh Sobat dapat kembali sehat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.