tidak lancar haid

sejak 2thn lalu saya menggunakan kb suntik 3bln sampai saya berenti sudah 10 bulan tetapi haid saya tetep tidak keluar paling hanya bercak hitam. apakah ini akan berpengaruh pada kesehatan dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 26/11/2018
Public

Selamat Pagi Sobat,
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 馃檪
KB suntik merupakan salah satu alat kontrasepsi hormonal yang dapat mencegah kehamilan dengan cara menyuntikan hormon ke dalam tubuh. Suntik KB sendiri dibagi menjadi 2 yaitu KB suntik 1 bulan yang mengandung progestin dan KB suntik 3 bulan聽聽yang mengandung Depo Provera.

Pada wanita yang memakai Suntik KB setiap 3 bulan sekali, resiko kegagalan ini lebih kecil. Namun suntikan ini memiliki efek samping yang dapat terjadi. Diantaranya adalah:
路聽 Adanya efek seperti sakit kepala, kenaikan berat badan, nyeri payudara, dll
路聽 Gangguan pada siklus聽menstruasi, seperti perdarahan diluar masa menstruasi,聽Menstruasi yang tidak teratur聽serta perdarahan yang berlebihan.
路聽 Jika ingin kembali subur, harus menunggu bahkan sampai setahun setelah lepas suntikan jika ingin聽siklus menstruasikembali normal
路聽 Diketahui memiliki efek mengurangi kepadatan tulang (kembali normal apabila injeksi dihentikan)
路聽 Tidak memberikan perlindungan dari聽penyakit menular seksual

Tetapi, Suntikan ini juga memiliki manfaat yang cukup besar, yaitu:
路聽聽聽Tidak berinteraksi dengan obat-obatan lain
路聽聽聽Aman bagi Ibu Menyusui
路聽 聽Bermanfaat bagi wanita yang tidak dapat menggunakan Kontrasepsi yang mengandung Estrogen
路聽 聽Relatif lebih aman dari ketidak teraturan penggunaan seperti misalnya pada Pil KB
路聽 聽Tidak perlu berhitung lebih dulu saat berhubungan seksual
路聽 聽Jika ingin menghentikan pemakaian, cukup menghentikan sendiri
路聽 聽Dapat memberikan perlindungan terhadap kanker rahim dan radang panggul

Kb baik suntik maupun pil, berfungsi untuk mengatur ovulasi pemakainya. Pada normalnya, folikel akan melepaskan sel telur setiap bulannya. Dan dengan kb ini, sel telur dalam folikel dibuat agar tidak berkembang, matang dan terlepas. Akibat hal ini maka pada saat penghentian kb ini biasanya reproduksi tidak langsung berjalan normal kembali dan perlu penyesuaian diri sehingga terkadang timbul flek. Flek ini pada umumnya bukan menandakan menstruasi apalagi kehamilan, flek yang timbul pada penghentian kb suntik adalah mekanisme adaptasi organ reproduksi pasca lepasnya penggunaan Kb hormonal dimana hal ini akan terjadi dalam 3 bulan sampai dengan beberapa bulan pasca henti suntik KB

Bila Sobat menghadapi hal ini maka Sobat tidak perlu khawatir. Hal pertama yang Sobat harus lakukan adalah mengamati jadwal menstruasidari awal penghentian suntik Kb hingga 3 鈥 6 bulan pasca penghentian Kalau menstruasi Sobat masih belum teratur atau flek tetap keluar tanpa menstruasi, jangan ragu untuk memeriksakan diri Sobat ke dokter kandungan. Dokter nanti akan melakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti USG pada Sobat.

Demikian kami sampaikan informasi seputar belum haid setelah lepas KB suntik 3 bulan, semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.