Bayi usia 4 hari muntah darah setelah menyusu

Bayi saya usia 4 hari, sebelumnya tidak tampak masalah. Tapi ketika tadi selesai menyusu tiba tiba anak saya muntah, air susu bercampur darah kehitaman (kental) , apakah itu sangat berbahaya bagi bayi saya ? Mohon penjelasannya. Saya sangat khawatir dengan kejadian ini. Sebelumnya terima kasih banyak untuk yg membantu menjawab pertanyaan saya ini.

1 Jawaban Dokter

Staff 24/11/2018
Public

Selamat Pagi Bunda,

Terima kasih atas pertanyaan Bunda, Kami mengerti kekhawatiran yang Bunda rasakan.

Bila bayi Bunda mengeluarkan muntah berupa cairan sedikit? Jika iya karena jumlah cairan yang masuk terlalu banyak ini biasa disebut gumoh. Namun, jika bayi muntah dengan jumlah yang cukup banyak perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah ada masalah terkait dengan saluran cerna buah hati Bunda.

Berikut beberapa  penyebab bayi muntah disertai bercak kecoklatan, antara lain :
1. Puting ibu yang terluka, lalu darahnya terhisap oleh bayi yang menyusui ASI.
2. Darah ibu yang tertelan bayi saat proses melahirkan bisa terjadi pada proses melahirkan normal atau sectio caesarea. Namun hal ini jarang terjadi, biasanya darah keluar lewat feses. 
3. Perdarahan saluran pencernaan pada bayi 
4. Bayi yang memiliki gangguan liver
5. Bayi yang tertelan darahnya sendiri yang bisa terjadi akibat tindakan yang dilakukan pada saat lahir seperti suction (penghisapan lendir di saluran pernafasan bayi), tindakan ETT (Endotracheal Tube) atau Nasogastric Tube.

Kami sarankan Bunda melakukan konsultasi kembali dengan dokter anak Bunda, agar dapat dilakukan kembali pemeriksaan fisik secara menyeluruh pada anak Bunda sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan yang terjadi pada anak Bunda.

Demikian, Semoga dapat membantu, dan Semoga Buah hati, Bunda serta keluarga selalu diberikan kesehatan, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.