Sakit bagian kepala

Dok saya udh 2 hari kemarin rasain sakit dibagian pinggir sampai belakang kepala sebelah kiri saja. Sakitnya nyud nyudan gitu. Kadang kalo diam gak kerasa tp kalo gerak kerasa nyeri linu gitu dok. Sama mual juga kadang. Apakah itu efek darah rendah dok? Mohon solusinya. Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 22/11/2018
Public

 
 
Selamat Sore Sobat,
Terima Kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok 🙂
Hal yang menyebabkan apabila gerak merasakan sakit nyeri kepala sampai dibelakang kepala dan apabila Sobat diam maka hilang nyerinya. dan disertai mual, maka penyebabnya banyak sekali. Umur berapakah Sobat, apakah jenis kelamin dan aktifitas sehari-hari Sobat? Apakah ada gejala-gejala lain, selain hal tersebut seperti :

  • Nyeri di pipi kanan atau kiri Sobat. atau salah satunya saja.
  • Nyeri di kepala sampai dengan bahu atau pundak.
  • Apakah nyeri tersebut hanya apabila dirasakan saat gerak, dan sebelumnya pernah kah terjadi hal serupa seperti ini?
  • Apakah Sobat pernah mengecek tekanan darah Sobat, dan apakah ada riwayat tekanan darah rendah sebelumnya?
  • Apa ada lemas, pusing berputar atau hal lain?
  • Apakah sobat memakai kacamata, apakah penglihatan Sobat terasa terganggu, Sudahkah Sobat mengecek kelainan ketajaman mata minus,plus astigmatisma?
  • Apakah Sobat mempunyai sakit maag sebelumnya?

Di karenakan banyak sekali penyebab yang memungkinkan terjadi untuk gejala yang sobat tanyakan yaitu nyeri kepala sebelah sampai dengan belakang kepala dan disertai mual, maka saya kurang dapat memastikan kira-kira penyebabnya. Bisa kemungkinan dari organ otot (otot pada bagian kepala leher serta pundak saja), bisa kelainan tajam penglihatan pada mata, infeksi atau kelainan hidung dan sinus, infeksi atau kelainan telinga (bagian keseimbangan), Sakit di saluran pencernaan, serta dapat juga tekanan darah rendah (pada tekanan darah rendah yang terjadi biasanya sat dicek tekanan darah anda rendah dibawah 120/80 atau biasanya lebih rendah dari normal yang biasa anda cek, lalu apabila Sobat menutup mata atau posisi sujud terkadang seperti terombang ambing, lemas, mual, pada beberapa orang dapat terjadi pingsan sebentar).
Untuk lebih jelasnya mungkin Sobat dapat menambahkan gejala yang Sobat rasakan atau dapat berkunjung ke dokter umum atau klinik terdekat untuk memastikan penyebabnya, serta diperiksa dengan pemeriksaan fisik seperti tekanan darah, ada tidaknya nyeri tekan pada area perut, serta hal-hal lain. sehingga didapatkan diagnosa dan penatalaksanaan yang tepat.
Demikian Semoga bermanfaat, Semoga Cepat pulih ya Sobat, Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.