1 Jawaban Dokter

Staff 22/11/2018
Public

Halo Sobat,

Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya dok ūüôā
Kami memahami kekhawatiran Sobat. 
Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan seseorang tidak bertambah adalah karena asupan energi yang diterima tubuh dari makanan lebih rendah dari kebutuhan pengeluaran energi tubuh, sehingga energi cadangan dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis, cacingan, penyakit pencernaan, terbiasa berfikir juga meningkatkan energi lebih banyak. 
Faktor genetik atau keturunan disebutkan memberikan pengaruh terhadap metabolisme tubuh seseorang, dan secara tidak langsung mempengaruhi berat badan. Gen berperan dalam memberikan instruksi kepada tubuh untuk merespon perubahan dari sekitarnya. Namun faktor tersebut tidak berdiri sendiri dalam mempengaruhi berat badan seseorang, dan dipengaruhi oleh faktor lain seperti asupan gizi (nutrisi), aktivitas fisik, dan sebagainya. 
Yang perlu diperhatikan juga adalah adanya keluhan lain yang dirasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu, berdebar-debar, sering berkeringat, tangan gemetar, sering buang air besar. Keluhan tersebut merupakan gejala dari penyakit yang mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.
Nah melanjut kepertanyaan Sobat mengenai adanya obat yang instan untuk menambah berat badan, tentunya hal ini harus dibawah pengawasan dokter, tepatnya dokter gizi dikarenakan dokter gizi akan merunut, kenapakah, atau adakah hal-hal lain seperti faktor yang menyebabkan Sobat mengalami kurang nafsu makan atau berat badan turun. Dan takaran perobatnya pun berbeda. Tidak dianjurkan untuk meminum obat yang beredar dipasaran kecuali berupa vitamin penambah nafsu makan yang terdaftar di BPOM, itupun untuk menambah nafsu makan Sobat, bukan instan tanpa mengkonsumsi makanan atau minuman berat badan Sobat bisa bertambah. Namun jika Sobat mau mengkonsumsi Susu atau nutri shake kesehatan yang beredar dipasaran namun tentunya mempunya sertifikat BPOM, maka diperbolehkan dikarenakan susu dan nutri shake merupakan penambah kalori yang menghasilkan energi. Nah energi yang diterima namun tidak dikeluarkan bisa menambah cadangan energi di lemak sobat. Jika Sobat sudah menggemuk jangan lupakan olahraga untuk massa otot ya Sobat, sehingga yang membesar bukan hanya lemak namun ototnya.
Beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan yaitu tentunya dengan pola makan yang cukup kalori, yaitu :
·         Makan secara teratur 3 kali sehari (contoh : 6 pagi, 12 siang, 6 malam) dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya di 3 waktu yang kurang lebih sama. Serta ditambah 2 kali makanan snack misalnya (dijam 10 pagi dan 8-9 malam) roti 1 tangkap dengan keju kraft ditambah 1 gelas susu, Serta 1 snack lagi di jam 4 sore berupa buah-buahan dan biskuit.
·         Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.
·         Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.
·         Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut. 
Lakukanlah selama kurang lebih 2 bulan, biasanya akan sulit dilakukan pada 1 bulan awal terlebih Sobat memang jarang makan atau kurang nafsu makan. Namun akan menjadi terbiasa pada bulan-bulan berikutnya dikarenakan sudah menjadi kebiasaan.
Apabila cara di atas belum berhasil, kami menyarankan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi juga membantu untuk mengetahui makanan yang dapat meningkatkan berat badan serta mungkin obat penambah nafsu makan atau mempercepat kenaikan berat badan apabila diperlukan yang tentunya akan diawasi penggunaannya oleh ahlinya yaitu dokter gizi.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Semoga Sobat serta keluarga sehat selalu, Salam Sehat ūüôā

 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.