Apakah luka bakar terbuka harus selalu dibersihkan?

Selamat pagi, pada telapak kaki saya terdapat luka bakar terbuka setelah dilakukan pembuangan nanah dan kulit mati oleh medis. apakah luka tsb harus selalu dibersihkan dengan nacl/air dan ditutup dengan kasa/perban setiap hari? Jika demikian, Bagaimana agar luka tsb cepat kering? Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 18/11/2018
Public

Hai Selamat Siang Sobat,
Terima kasih telah bertanya 🙂

Perawatan luka bakar mempunyai penanganan yang berbeda sesuai dengan tingkat derajat keparahannya. Tingkat derajat keparahan pada luka bakar ini tergantung dari dalam jaringan yang terkena serta luasnya.

Pada luka bakar derajat 1 : Hanya sebatas epidermis kulit. Di perlukan tatalaksana setelah terkena luka bakar lalu dapat hanya diberi salep luka bakar. Tanpa di tutup oleh kain kassa steril di karenakan jaringan kulit masih utuh.

Pada luka bakar derajat 2 : yang terkena adalah epidermis dan dermis, terkadang di perlukan tatalaksana salep luka bakar di tambah dengan di tutup kassa steril yang basah atau lembab dengan nacl namun tidak di tutup rapat. Dan apabila terdapat gelembung maka sebisa mungkin gelembung tersebut tidak di pecahkan secara paksa di karenakan untuk menjaga kesterilan jaringan di bawah gelembung tersebut dan terkadang di perlukan aspirasi atau pengambilan cairan dalam gelembung tanpa memecahkan kulit gelembung, hal ini upaya terjaga kesterilan jaringan di bawahnya.

Pada luka bakar derajat 3 : Sudah terkena jaringan epidermis, dermis serta jaringan lemak bawah kulit, bahkan terkaang sampai dengan bagian tulang. Pada luka bakar derajat ini, di perlukan salep luka bakar namun hanya pada epidermis dan dermis, namun apabila tulang atau lemak bagian dalam yang terkena atau sedang terinfeksi maka yang utama aalah mencegah infeksi masuk kedalam jaringan, maka di perlukan penutupan kain kassa steril yang lembab di tambah dengan biasanya ada seperti kassa namun mengandung antibakteri untuk menutup jaringan. Hal penutupan kassa steril ini biasanya di lakukan sampai dengan jaringan luka bakar sudah mulai tertutup dengan dermis yang baik tanpa jaringan nanah atau jaringan mati dan tahap penyembuhan lukanya sudah dinilai cukup. Karena jaringan dermis dan lemak sangat rentan sekali dengan infeksi.

Karena perawatan luka bakar harus di lakukan steril untuk meminimalkan infeksi. Area luka bakar boleh di tutup ringan dengan menggunakan kasa steril lembab tetapi tidak boleh dirawat tertutup ketat hingga di perban. serta jika terjadi luka bakar derajat 3, maka kontrol luka pun harus di lakukan, sobat dapat berkunjung kedokter kembali.

Sobat juga harus makan yang bergizi, protein tinggi, Jika sobat tidak alergi dengan telur, maka sangat bagus sekali makan telur serta daging-dagingan agar protein sobat baik, dan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Saran saya ikuti petunjuk dokter yang menangani Sobat atau Sobat dapat berkunjung ke dokter umum atau poliklinik bedah plastik yang memang menangani pasien kondisi luka bakar.

Semoga membantu dan Semoga lekas sembuh ya Sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.