1 Jawaban Dokter

Staff 18/11/2018
Public

Hai Selamat Pagi Sobat,
Terima kasih telah bertanya di Tanya Dok 🙂

Ingin menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan memang seringkali menjadi perhatian banyak orang. Terlebih bila hal ini sudah berulang kali dicoba untuk dilakukan namun gagal, orang yang merasa tidak percaya diri dengan berat badannya akan semakin merasa putus asa dan malah semakin mengubur keinginannya untuk mengubah berat badannya. Padahal hal itu bukannya tidak mungkin. Sekarang kita lihat berapa berat badan tubuh ideal Sobat:

Cara menghitung berat badan dengan menggunakan rumus Brosca ini ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Rumus brosca terbagi menjadi dua, untuk perempuan dan laki-laki.

Laki-laki :
Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

Perempuan :
Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

Contoh jika Sobat perempuan dengan tinggi badan sobat 155 cm, maka berat badan ideal anda adalah (155-100) – {(155-100) x 10%} = 55 – 8,25 = 46,75 kg

Pada prinsipnya yang harus dipahami dalam mengatur berat badan tubuh :

Bila nutrisi atau energi yang masuk ke tubuh Sobat lebih banyak dari kebutuhan energi yang Sobat keluarkan, maka berat badan Sobat akan naik.
Bila nutrisi atau energi yang masuk ke tubuh Sobat lebih sedikit dari kebutuhan energi yang Sobat keluarkan, maka berat badan Sobat akan turun.

Hal-hal yang dapat meningkatkan pengeluaran kebutuhan energi sobat adalah:
– Olahraga
– Kurang tidur atau sering begadang
– Aktifitas yang padat, Belajar, berfikir, Stress, Sakit,
– Kondisi penyakit metabolisme lainnya hipertiroid, penyakit pencernaan celiac
– Mengonsumsi makanan yang membutuhkan energi lebih untuk dicerna seperti sayur

Contoh Pola makan menaikkan berat badan :

Sobat dapat menjadwal makanan dengan jumlah cukup namun sering, misal 3 kali makan pokok yang cukup gizi pada jam 6 pagi, jam 12 siang, dan jam 7 malam.
diselingi dengan makanan snack di 3 waktu 1 tangkap roti isi keju kraft dan satu gelas susu di jam 10 pagi dan 9 malam. dan buah serta biskuit di jam 4 sore.
Lakukan hal ini kira-kira 2 bulan. Pada 1 bulan pertama mungkin terasa berat namun jika menjadi kebiasaan bukan lah yang tidak mungkin.

Pertimbangkan juga penyakit lainnya apakah Sobat memiliki penyakit maag, atau cacingan, atau kebutuhan energi Sobat besar seperti yang saya jelaskan diatas yaitu sering bergadang, berfikir, olah raga, maka tentunya kebutuhan energi yang dibutuhkan pun menjadi besar.
Terakhir, tetap saya ingatkan bahwa penting menjaga kesehatan tubuh dan jangan tertarik meminum obat penambah berat badan atau minuman apapun untuk menaikkan berat badan secara instan kecuali dengan pengawasan dokter, yang penting adalah pola hidup sehat, sehingga badan pun sehat entah itu menjadi gemuk atau pun kurus. Lakukanlah dengan niat untuk menjadi lebih sehat. Sobat dapat juga berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter gizi untuk mengatur pola makan Sobat yang nanti akan dihitung secara tepat berapa jumlah kalori per makanan Sobat.

Sekian Semoga bermanfaat dan Semoga berhasil ya Sobat, Salam Sehat ?

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.