Ada Benjolan kecil di jari kaki

Dok . jari kaki saya ada kaya nanah gitu . tapi dilapisi kulit tebal . .. biasanya kan kalo kapalan / ada nanah biasanya kulit nya tipis . . tapi ini di lapisi kulit tebal . . kalo di tekan sakit . .itu kenapa ya dok ??

1 Jawaban Dokter

Staff 15/11/2018
Public

Hai Selamat Malam Sobat 🙂

Pembengkakan disertai nanah kemungkinan menandakan adanya proses infeksi yang tengah berlangsung. Pada jari kaki, sebagian besar mungkin adalah kasus paronikia atau cantengan jika infeksi tersebut berada pada jaringan sekitar kuku. Namun jika tidak berada disekitar kuku mungkin saja infeksi yang menyebabkan nanah dapat terjadi yaitu :
1. Banyak terpapar air, mis. pekerja cuci, perenang
2. Cedera baik luka terbuka, tertusuk atau terpentok sesuatu baik pada jari ataupun sekitar kuku misalnya disini dapat dikarenakan kaki yang sering terbungkus dan pengap, misal penggunaan kaus kaki yang tidak menyerap keringat, sepatu yang sempit. ataupun luka lain yang tidak disengaja.

Infeksi akan menyebabkan pembengkakan, kemerahan, nyeri dan bisa disertai pembentukan nanah.

Sementara pertanyaan mengapa nanah pada jari kaki sobat di tutupi oleh jaringan kulit yang tebal hal itu dapat terjadi karena pada kulit kaki dan tangan memiliki jaringan kulit lapisan tanduk epidermis yang lebih tebal dibandingan jaringan kulit diorgan tubuh lain.

Sobat dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk mengetahui apa yang menyebabkan pembengkakan jari kaki tersebut. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah untuk menunjang diagnosis. ataupun hanya dengan pemeriksaan fisik saja sudah didapatkan diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah pengobatan yang tepat bisa diberikan.

Pengobatan pada nanah atau abses baik dikulit dan organ lain tergantung dari tingkat berat ringannya infeksi jika ringan maka tubuh akan melawan infeksi tersebut dan dapat hilang dengan sendiri nya tanpa pengobatan apapun, namun jika infeksi tersebut lebih berat terkadang diperlukan antibiotik sampai dengan antibiotik ditambah pembedahan untuk mengeluarkan nanah.

Tips berikut mungkin dapat membantu agar menghindari infeksi pada kaki :
1. Usahakan agar jari kaki tetap kering, misalnya menggunakan sandal
2. Jaga kebersihan kulit sekitar jari kaki yang sakit
3. Pilih bahan kaus kaki yang menyerap keringat; rajin mengganti kaus kaki
4. Jika terdapat luka terbuka hindari terpapar dengan kotoran.
5. Konsumsi makan makanan bergizi serta vitamin C agar daya tahan tubuh baik.
6. Jika terdapat luka sobat dapat menggunakan salep anti infeksi atau anti bakteri yang di jual bebas.

Semoga dapat membantu dan Semoga lekas sembuh, Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab Tanya Dok , Salam Sehat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.