peralihan dari susu soya ke susu kambing dan susu sapi

selamat mlm dok?anak laki laki saya di umur 3th 8 bln 18,5 kg tinggi 100 cm setengah tahun anak saya mengkonsumsi nutrilon soya alergi hilang bb naik pencernaan oke,namun kmrn berkunjung ke dsa nya untuk di coba susu sapi atau kambing karena sdh mulai besar kemungkinan alergi sudah hilang(saya jg takut bbrp artikel bahwa susu soya ga bagus untuk anak laki laki ini benar atau tdk dok?),namun setelah saya cb susu sapi keesokan harinya babnya berbuih berbusa putih bau susu,kembali lg ke soya seminggu kedepan saya campur dg susu kambing berhrp dikit sedikit mau dan cocok ternyata saya salah 3 hari baru bab dan itu pun sangat keras,minta sarannya dok.. tmksh selamat malam

1 Jawaban Dokter

80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. Jadi ada baiknya saat ini anak ibu dicoba untuk konsumsi susu sapi kembali agar variasi makanannya menjadi lebih baik dan bila diperlukan dapat mencoba susu dengan kalori yang lebih tinggi. Bila ternyata masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali setiap 6 bulan bu.

apakah anak ibu sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi bu. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

susu soya bentuk formula aman bu tidak ada efek negatif untuk anak. tetapi jangan yang susu soya fresh bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.